Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Hingga Pertengahan 2019, Sektor Pembiayaan Turun 30 Persen

Hingga Pertengahan 2019, Sektor Pembiayaan Turun 30 Persen

Tanggal : Pukul :
141
0
Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia Sumatera Selatan, Abadi. (Maya/Detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Sektor pembiayaan sejak awal tahun hingga pertegahan tahun ini mengalami penurunan hingga 30 pesen, kondisi ini dampak dari penjualan kendaraan yang turun signifikan baik kendaraan baru maupun bekas.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia Sumatera Selatan, Abadi mengatakan pembiayaan kendaraan masih lesu lantaran dipengaruhi banyak faktor.

“Tapi paling terasa pembiayaan mobil bekas yang turun sedangkan mobil baru di dorong karena DP minim,” ujarnya, Selasa (11/06).

Ia menambahkan,  penurunan pembiayaan banyak kendaraan baru yang menawarkan promo berupa uang muka atau Down payment minim 15 persen atau maksimal Rp
15 juta, tapi lantaran DP rendah tentu berimbas pada angsuran yang tinggi.

“Kalau DP minim maka angsuran akan tinggi, disini kemampuan bayar berkurang sebaliknya kalau DP tinggi maka angsuran berkurang. Masalahnya, tak banyak yang mampu memberikan DP tinggi,” ungkapnya.

Sebenarnya pada saat moment lebaran kemarin menjadi puncak pembiayaan, namun karena kondisi ekonomi yang belum stabil berimbas melemahnya pembiayaan disektor ini.

Selain itu pihaknya juga menerapkan sistem cek and ricek terhadap kemampuan bayar dari calon konsumen.

“Jangan sampai, untuk uang muka ada, namun saat mengangsur tidak ada sehingga konsumen hanya memakai unit saat lebaran dan menjadi NPL,” katanya.

Selain, masih kata dia, masih rendah pembiayaan lantaran  banyak konsumen yang wait and see pasca pemilu sehingga usai Pemilu ini kondisi belum juga stabil.
“Kemungkinan kondisi ini baru bisa kembali normal setelah pertehan tahun ini,”jelasnya.(May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here