Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Himbau Warga Untuk Serahkan Senpira

Himbau Warga Untuk Serahkan Senpira

Tanggal : Pukul :
96
0
Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel — Forum Kajian Ilmiah Syarif Madani, Sumsel mengajak masyarakat OKI umumnya dan Kecamatan Mesuji khususnya untuk berperan aktif dalam melakukan upaya preventif akan bahayanya peredaran dan penyalahgunaan senjata api rakitan (senpira). Hal itu terungkap dalam diskusi publik mengenai peran aktif masyarakat dalam mencegah bahayanya peredaran dan penyalahgunaan senpira di Kecamatan Mesuji, Kamis (27/6).

Hadir dalam diskusi tersebut yaitu Kapolsek Mesuji AKP Darmanson, Camat Mesuji Mukhlis, Sekretaris Camat Mesuji, Akmar Junaidi, Babinsa Mesuji, Sertu Syahroni, moderator H Doni Meilano, pemuda karang taruna Mesuji serta elemen masyarakat lainnya.

Ketua Yayasan Syarif Madani Doni Meilano meminta kepada semua elemen masyaralat untuk berperan aktif memberantas maraknya peredaran senpira karena sudah banyak yang menjadi korban karena senpira ini.

“Tidak ada manfaatnya masyarakat sipil menyimpan senpira. Ujung-ujungnya berimplikasi pada kegiatan kriminal. Makanya, kami mengimbau masyarakat yang masih menyimpan senpira agar segera diserahkan ke pihak kepolisian agar tidak terjerat hukum,”jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Mesuji AKP Darmanson mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan ini sekaligus memberikan penyuluhan terhadap bahayanya senpira.

Pada prinsipnya, lanjut Kapolsek, senpi ini dibuat untuk melindungi diri, tetapi saat ini banyak disalahgunakan untuk kegiatan kejahatan.

Kapolsek menginggatkan jika masyarakat membawa ataupun menyimpan senpira, maka akan dikenai sanksi hukuman paling rendah kurungan 20 tahun penjara.

“Kami mengimbau bagi masyarakat Kecamatan Mesuji jika masih menyimpan atau memiliki senpira untuk segera diserahkan kepada kepolisian dan kami tidak akan memberikan hukuman. Ya, sebuah apresiasi tinggi jika ada masyarakat yang berperan aktif menyerahkan senpira,”tuturnya.

Babinsa Mesuji Sertu Syahroni juga mengimbau masyarakat yang menyimpan senpira atau peluru aktif untuk segera menyerahkannya ke pihak kepolisian karena hukuman menyimpan senpira paling rendah 15 tahun penjara.(Iyan)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here