Iklan
Pemprov
Gubernur Sumsel Herman Deru

Herman Deru Ajak Lebaran Sehat

Palembang, Detik Sumsel- Untuk kedua kalinya, umat muslim di Indonesia khususnya di Sumsel harus merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah situasi Pandemi Covid-19. Kondisi ini memaksa umat muslim untuk menunda tradisi untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga. Lantaran terkendala larangan mudik.

Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Sumsel sehingga Pandemi bisa segera berlalu.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengimbau masyarakat Sumsel untuk merayakan Lebaran secara sehat dengan mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak satu sama lain.

“Saya punya anjuran, ajakan atau imbauan untuk kita berlebaran sehat. Lebaran patuh protokol kesehatan,” ujarnya saat dibincangi, Senin (10/5).

Ia mengatakan, tradisi Lebaran seperti silaturahmi masih bisa dilakukan. Walaupun tidak dilakukan secara langsung. Ia menganjurkan, masyarakat bisa memanfaatkan kemajuan teknologi.

Baca Juga :   Harhubnas 2018, Kemenhub Wujudkan Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan Transportasi

“Kalau silaturahmi wajib bagi kita tetap bisa dilakukan. Walaupun hanya secara virtual. Itu tidak mengurangi maknanya ,” katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat Sumsel untuk melaksanakan ibadah Sholat Ied di masjid yang tidak menimbulkan kerumunan massa. Ia sudah berencana untuk sholat di lokasi yang tidak dilarang atau di rumah. “Saya akan salat Ied di tempat yang tidak dilarang atau di rumah,” jelasnya.

Deru juga mengimbau kepala daerah yang ada di Sumsel untuk mengawal dengan cermat kebijakan mudik Lebaran yang ada di wilayahnya. Dijelaskannya, kegiatan perjalanan masyarakat terdiri dari mudik dan non mudik. Petugas di posko harus memilah dengan benar penyekatan mudik yang dilakukan.

“Sebab, yang kita hadapi ini orang yang rindu. Bukan penjahat. Sehingga harus mengedepankan prinsip tegas tapi humanis. Boleh tegas tapi tetap memikirkan aspek kemanusiaan,” ucapnya.

Baca Juga :   Gowes Bareng Komunitas, Dewa : Segera Ada Jalur Khusus Pesepeda

Dirinya telah meninjau posko penyekatan yang didirikan di sejumlah titik masuk dan keluar daerah. Sejauh ini, lalu lintas harian kendaraan yang melintas mengalami penurunan drastis. “Artinya kesadaran masyarakat untuk menjalankan larangan mudik sudah berjalan cukup baik. Ada keinginan bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi,” tuturnya.

Pemprov Sumsel pun memberikan dukungan terhadap aktivitas keagamaan masyarakat. Melalui berbagai program keagamaan seperti pembangunan Rumah Tahfidz di tiap kelurahan dan desa. Sumsel juga didaulat sebagai tuan rumah even Pekan Tilawatil Quran (PTQ) RRI ke-51. Selain itu, setiap pekannya Gubernur Sumsel berkunjung ke masjid di Sumsel melalui program Safari Jumat.(tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Cari Bibit Lokal, HD Gulir Turnamen Sepak Bola U-14 dan Women Sriwijaya FC Championship

Palembang, Detik Sumsel – Perhatian Gubernur Sumsel H Herman Deru terhadap kemajuan olahraga khususnya sepakbola …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *