Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Pengamat Pendidikan Sumsel, Prof Dr HM Sirozi MA PhD

Harus Didukung Sarpras yang Baik

Lipsus, Detik Sumsel- Wacana penerapan sistem pembelajaran yang menggunakan buku elektronik atau e-book didukung berbagai pihak termasuk para pengamat pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Pengamat pendidikan Provinsi Sumsel, Prof Dr Muhammad Sirozi MA PhD mengungkapkan, pembelajaran berbasis e-book merupakan perubahan sistem pembelajaran kearah Ilmu Teknlogi (IT).

“Peralihan pembelajaran ke IT ini dinilai lebih efesien dan hemat ketimbang menggunakan buku cetak tapi penerapannya harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik,” ungkapnya.

Dijelaskan Sirozi, Pemerintah harus mempertimbangkan berapa persen sekolah yang memiliki gadget, fasilitas yang baik, berapa banyak siswa yang mampu membeli smartphone atau gadget dan berapa persen sekolah yang mampu memasang internet yang sesuai standar kebutuhan dari penerapan sistem IT tersebut.

Baca Juga :   Kepala Toko Indomaret Dalangi Aksi Perampokan

“Sebaiknya dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu sebelum diterapkannya sistem pembelajaran berbasis e-book di SMA dan SMK di Sumsel,” ucapnya.

Sirozi menambahkan, pertimbangan yang disampaikan tersebut dilakukan agar kegagalan yang sama tidak terulang kembali. Pasalnya, pihak pemerintah yakni Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pernah menerapkan e-book namun terkendala masalah internet dalam pelaksanaannya.

“Harus ada standarisasi, sarana IT di sekolah harus dipertimbangkan dan berapa kebutuhan kecepatan internet yang diperlukan juga harus jadi perhatian khusus pemerintah jika ingin menerapkan e-book,” ucapnya.(tet)

Baca Juga :   Tolak Omnibus Law, Ribuan Massa Gelar Aksi di DPRD OKU
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Deby

Avatar

Check Also

Bongbongan Silaban SH. LLM Ketua PN Klas 1 A Khusus Palembang

Tak Disiplin, Ketua Pengadilan ini Dihukum Penundaan Pangkat Setahun

Palembang, Detik Sumsel, – Ketua Pengadilan Negeri klas 1 A khusus Palembang Bombongan Silaban SH dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *