Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Tokoh Hariyono, Dari Staff Ahli DPD Menuju Kursi Legislatif

Hariyono, Dari Staff Ahli DPD Menuju Kursi Legislatif

Tanggal : Pukul :
398
0
Hariyono (42), Calon Anggota DPRD Kabupaten Lahat dari Partai Hanura Dapil III

Palembang, Detik Sumsel – Hariyono (42),   Calon Anggota DPRD Kabupaten Lahat dari Partai Hanura Dapil III yang akrab dipanggil  dengan Hary atau Yono ini dilahirkan  di sebuah desa kecil dekat Bukit Barisan, tepatnya di Desa Pajar Bulan Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan  pada tanggal  17 September  1976. Dibesarkan dalam keluarga petani sederhana, putera pasangan  Marjoko bin  Ibrahim (Alm) yang asli Malang Jawa Timur dan  ibu Sunamah Binti Mastofa Bin Semantan yang asli  Besemah, Lahat Sumatera Selatan. Anak keempat dari tujuh bersaudara ini menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar pada Sekolah Dasar Negeri 26  Pajar Bulan (1989),  Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama  Negeri  I Kota Agung  (1993) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri  3 Lahat (1996). Sedangkan  kuliah Strata 1  diselesaikannya pada Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (2003).  Pengagum Nabi Muhammad SAW ini, sejak Agustus 2009 berhasil menyelesaikan  kuliah Magister Administrasi Publik Konsentrasi Manajemen Pembangunan Daerah pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta.

Berbagai organisasi intra, ekstra universiter dan NGO pernah digelutinya.  Pada organisasi intra universiter,  lelaki yang gandrung membaca buku-buku  Agama, Pengembangan Diri, Pertanian, Politik, Kesehatan dan Biografi  ini  dipercaya sebagai Pengurus Badan Wakaf dan Pengkajian Islam (BWPI) Musholla Ulil Albab FP Unsri periode 1998-1999,  Pengurus Himpunan Mahasiswa Agronomi (HIMAGRON) FP Unsri tahun 1998-1999 dan Ketua Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya Tahun 2001-2002.

Sedangkan pada organisasi ekstra universiter, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan pernah diamanahi sebagai Ketua Umum HMI Cabang Palembang periode 2001-2002, Ketua Badko HMI Sumbagsel periode 2002-2004, dan Wakil Sekretaris Jenderal PB HMI periode 2004-2006. Pada Organisasi Non Pemerintah (NGO), bersama teman-temannya  asal  Sumatera Selatan pada tahun 2005 di Jakarta mendirikan Social Welfare Institute (SWI). Di samping itu, aktif  pula menjadi Pengurus Pusat Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA) periode  2006-2009.

Pria yang pernah menjadi Marbot Musholla Ulil Albab Fakultas Pertanian UNSRI hingga  jualan pakaian dan sepatu keliling ini, prihatin dan sedih dengan banyaknya travel umroh yang gagal memberangkatkan jamaah, tergerak untuk membantu jamaah agar tidak tertipu travel tak bertanggung jawab,  sejak 2017  mulai aktif  melayani tamu Allah khususnya jamaah Umroh  dan Haji Plus PT. Zafa Tour.

Beberapa karya ilmiah yang pernah disusun  suami Alhusna, S.Pd (37) dan ayah dari  Muhammad  Yusuf  Islam (5,5) dan Afifah Fauziyah  (3,8) ini adalah  Biografi Drs. H. Kafrawi Rahim  Simponi Kehidupan (2006), Otobiografi Drs. HM. Kafrawi Rahim (2007), dan  Kumpulan Khutbah Jumat Drs. H.M. Kafrawi Rahim (2008) serta Implementasi Kebijakan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan Sumatera Selatan Semesta (JAMSOSKES) di Provinsi Sumatera Selatan (Tesis, 2009).

Komitmen dan kepedulian Pengurus MUI Sumatera Selatan Periode 2016-2021, Pengurus KAHMI Sumsel 2016-2021 dan Pengurus ICMI Sumatera Selatan Periode 2016-2021 ini terhadap Permasalahan Keumatan, Kedaerahan dan Kebangsaan diasahnya  dengan  menjadi   Asisten dan Staf Ahli Anggota DPD/MPR-RI  Periode 2004-2009. Sejak Juli 2009  hingga dipercaya menjadi Staf  Ahli Anggota DPD-RI/MPR, dimulai dari Drs. HM. Kafrawi Rahim (Alm), Hj.Percha Leanpuri, B.Bus., MBA binti H. Herman Deru, SH.,MM dan H. Hendri Zainuddin, S.Ag. SH.

Tergerak untuk ikut membangun Lahat, pada Pemilu 2019 ini, mencalonkan diri menjadi Calon Anggota DPRD Lahat Dapil III No. Urut 2 dari Partai Hanura. Caleg yang mengusung Program :” Mengawal sekolah gratis dan berobat gratis, infak 50 %  gaji untuk warga Lahat,  memperjuangkan perbaikan infrasruktur jalan dan irigasi, memperjuangkan kesejahteraan petani, honorer dan UMKM, memperjuangkan rumah tahfidz, Pondok Pesantren, PAUD dan lembaga pendidikan lainnya sehingga lebih layak dan bermutu.”katannya

“Jika Allah Redho, rakyat menghendaki dan terpilih, insya Allah saya akan mewujudkan program saya. Semoga Allah SWT senantiasa meredhoi dan membimbing kita untuk   terus berkarya dan dapat meningkatkan kontribusi bagi Umat, Bangsa dan Negara tercinta.  Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin, “pingkasnya (fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here