Detik
Sekda Lahat, Januarsyah Hambali SH MM, saat sidak di Pasar Lematang Lahat. Foto Heru/DS

Hari Pertama Kerja, Januarsyah Sambangi Pasar Lematang

Lahat, Detik Sumsel — Baru dua hari dilantik Selasa (11/6) lalu, Sekda Lahat Januarsyah Hambali SH MM, langsung kunjungan kerja ke Pasar Lematang Lahat. Sesuai janjinya saat dibincangi usai dilantik, dirinya bakal segera melakukan penertiban pasar dan area parkir di Kota Lahat.

Alhasilnya, beberapa pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan baik di depan, bahu kiri dan kanan Pasar Lematang, akan direlokasi ke lantai dua gedung Pasar Lematang. Sedangkan untuk beberapa kios yang kosong dan rusak, akan diperbaiki, dibersihkan sehingga pedagang merasa nyaman menjajakan dagangnya.

Baca Juga :   Divonis Setahun Bui, 30 Tahanan Kabur Berkat Gergaji Wanita ini

“Asalkan mereka mau berkerja sama direlokasi ke lantai dua, kita gratiskan retribusi selama enam bulan kedepan,” ujarnya disela-sela kunker, Kamis (13/6).

Dari pantauan Januarsyah, dirinya mengakui kondisi pedagang di Pasar Lematang terlihat sembraut dan kotor. Imbasnya area parkir berkurang, sehingga terpaksa memakan badan jalan yang seharusnya area terlarang untuk parkir kendaraan.

“Yang jelas dalam waktu dekat akan kita tertibkan semua. Nantinya, kita ajak bertatap muka dengan perwakilan PKL, dicarikan formulasi tepat, sehingga sama-sama tidak ada dirugikan,” sampainya.

Baca Juga :   Laboratorium DLH Lahat Kembali Diuji

Sementara, Plt Kepala Dinas Perdagangan Lahat, Drs Sukaca MM menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan pedagang-pedagang yang berjualan diseputaran Pasar Lematang. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, agar bisa mengatasi persoalan sampah.

“Kita akan berkomunikasi sama pedagang, sehingga mereka memahami dan mengerti. Nanti pihak DLH akan menstanbaykan satu unit kendaraan sampah, jadi pedagang diarahkan langsung membuang sampah disana,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Bantu UMKM, BUMD Sumsel – Jatim Jajaki Kerjasama

Palembang, Detik Sumsel – Rapat pelaksanaan forum meeting Pemprov Sumsel dengan Pemprov Jawa Timur (Jatim) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *