Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Pedagang bawang di pasar 16 Ilir saat melakukan pemilahan bawang merah dan putih yang harganya saat ini mencapai Rp60 perkilogram. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

Harga Bawang Lebih Tinggi dari Harga Sawit

*Jelang Puasa, Sebagian Harga Bahan Pokok Naik

Lipsus, Detik Sumsel- Dua minggu sebelum bulan Ramadhan tiba, harga beberapa komoditas sembako di Sumsel tercatat merangkak naik. Sejumlah bahan pokok tersebut diantaranya bawang putih, bawang merah, daging ayam, telur, dan cabai yang saat ini harganya mulai meroket tinggi.

Kenaikan harga bahan pokok ini terjadi di hampir seluruh wilayah Sumatera Selatan, baik di pasar tradisional maupun di mall-mall. Bahkan, sejumlah pedagang dan pembeli mengklaim saat ini harga jual bawang lebih tinggi dari harga jual sawit dan karet.

Tris (45) salah seorang pedagang di pasar mengatakan, sudah menjadi hal lumrah dalam perdagangan saat hendak memasuki bulan puasa dan lebaran, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. “Hargo bawang semula Rp30 ribu nak puaso ni jadi Rp60 ribu perkilogram, kalu nak puaso ni mahal lah hargo bawang dari hargo kelapo sawit yang cuman Rp1.300 perkilogram,” cetusnya.

Kemudian, untuk Ayam potong semula Rp30 Ribu perkilogram naik menjadi 35 ribu, kentang biasa 8 ribu perkg sekarang jadi 15 ribu perkg untuk Wortel 7-8 perkg naik menjadi 12 ribu, kalau cabai masih normal yakni 20-25 ribu perkg.

Salah satu pedagang bahan pokok di pasar tradisional sedang melayani pembeli. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

Sementara itu, Noli (35) seorang pedagang lainnya mengatakan, untuk saat ini harga telur sudah mengalami kenaikan, dan menurutnya sudah menjadi hal yang lumrah jelang bulan puasa. “Untuk daging sekarang sih belum terlalu naik masih di angka 105 ribuan, kalau ayam potong Ayam potong 35 ribu naik dari biasa 30ribu, untuk beras sih masih normal 10-15 ribu perkg,” tandasnya.

Selain itu pantauan detiksumsel.com di pasar Lematang Lahat, kenaikan yang paling menonjol pada bawang putih. Jika sebelumnya harga 1 kg bawang putih bekisar Rp 30-40 ribu, saat ini sudah mencapai diangka Rp 70 ribu. Kondisi ini rupanya sudah berlangsung sekitar dua minggu terakhir.

Begitu juga dengan harga daging sapi, jika sebelumnya Rp 120 ribu, saat ini naik jadi Rp 150 ribu. Bahkan harga terong bulat dan kacang buncis sebelumnya Rp 10 ribu, saat ini naik jadi Rp 12 ribu.

“Kalau harga di pasar saja sudah tinggi, harga di pedagang keliling atau di komplek perumahan pasti lebih tinggi. Untuk 2 bongkah bawang putih saja, sudah Rp 10 ribu saat ini,” ujar Evi, pedagang sayur di Pasar Lematang Lahat.

Untuk bahan pokok yang belum alami kenaikan, diantaranya ayam negeri Rp 35 ribu, ikan mujair Rp26 ribu, cabai Rp20 ribu, ikan lele Rp20 ribu, wortel dan tomat Rp 8 ribu. Hanya saja, sejumlah pedagang menduga, harga bahan pokok lainnya akan ikut naik, menjelang ramadhan.

“Kalau bawang putih, kabarnya stok yang didatangkan dari Pulau Jawa hanya sedikit. Jadi harga sudah naik sejak ditangan tokeh,” kata Evi.

Selain itu, sejumlah komoditi bahan pokok ada yang mengalami kenaikan dan ada yang masih bertengger pada harga biasa. Terpantau di Pasar Tradisional Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk harga telur relatif stabil Rp22.000 per kilogram, minyak goreng Rp10.000 per kilogram, gula pasir Rp12.000 per kilogram, cabe rawit Rp26.000 per kilogram dari sebelumnya Rp36.000. Sementara harga cabe merah keriting merangkak naik jadi Rp40.000 dari harga sebelumnya Rp30.000 per kilogram.

“Untuk harga bawang merah naik dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp42.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih Rp36.000 per kilogram dari harga sebekumnya Rp38.000 per kilogram. Memang dari pemasok hargonya naik, jadi kami pedagang ikut naik. Kalo idak ikut naikke dak katek untung kami,” ujar Yadi, salah satu pedagang di Pasar Kayuagung.

Pantauan detiksumsel.com di salah satu pasar tradisonal Baturaja Kenaikan harga yang cukup signifikan juga terjadi pada Bawang Putih dari Rp 35.000,- /Kg menjadi Rp 45.000,-/Kg. Tak hanya bawang putih, kenaikan harga bawang merah juga cukup membuat masyarakat meringis, saat ini harga bawang merah Rp. 45.000,-/Kg, sebelumnya harga bawang merah hanya Rp 40.000,-/Kg.

“Sudah sejak tiga hari terakhir harga bawang naik, kemungkinan masih akan terus mengalami kenaikan,” Kata Roni, salah serorang pedagang di pasar baru Baturaja. Sementara itu, Harga cabai keriting juga ikut mengalami kenaikan dari Rp 35.000,-/Kg menjadi Rp 40.000,-/Kg.(tim)

About Bara Revolusioner

Check Also

Musnahkan 5,7 juta batang rokok ilegal beserta ribuan barang lainnya di Kantor Bea Cukai Palembang, Rabu (23/9)

Musnahkan Jutaan Rokok dan Barang Ilegal, Negara Rugi 2,7 Milyar 

Palembang, Detik Sumsel,- Direktorat Jenderal Bea Cukai Sumatera Bagian Selatan Timur musnahkan 5,7 juta batang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *