Detik
Pemprov
Kepala UPT Dinas Dukcapil Mall Pelayanan Publik Jakabaring, Lutia Nazla saat menujukan cara mencetakan E-KTP

Hanya Butuh Waktu 10 Menit, Masyarakat Bisa Cetak E-KTP Sendiri

Palembang, Detik Sumsel – Komitmen Pemerintah kota Palembang memberikan kemudahan pelayanan dalam proses pencetakan dokumen kependudukan nampaknya kini semakin terlihat.

Melalui kehadiran mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang telah disiapkan langsung di Mall Pelayanan Publik (MPP), Jakabaring Palembang, kini masyarakat yang berdomisi di kota Palembang mampu untuk melakukan pencetakan E-KTP sendiri melalui mesin ADM.

Diketahui, tidak hanya mencetak E-KTP, mesin ADM yang telah disiapkan tersebut juga mampu mencetak berbagai dokumen, Akta Kelahiran, Akta Kematian, ataupun Akta Perkawinan.

Kepala UPT Dinas Dukcapil Mall Pelayanan Publik (MPP) Jakabaring, Lutia Nazla menjelaskan, dalam proses pencetakan sendiri, masyarakat selaku pemohon diharuskan untuk mengikuti prosedur yang telah ditentukan, yaitu mengajukan permohonan dengan mengurus berkas ke kantor Dukcapil disertai Email pemohon itu sendiri.

“Kemudian kami memasukan Email yang bersangkutan ke sistem, setelah berkasnya ditanda-tangani, nantinya pemohon akan mendapatkan verifikasi dari Dukcapil melalui Email, yaitu Barcode,” kata Lutia Nazla, Jumat (26/02).

Masih dikatakannya, melalui Barcode yang telah diterima, barulah pemohon dapat melakukan pencetak berkas melalui mesin ADM.

“Dengan Barcode tersebutlah pemohon baru bisa melakukan pencetakan dengan mesin yang telah kita siapkan. Barcode itu berlaku untuk satu kali pakai saja, karena setelah Barcode itu dipakai, otomatis Barcode tidak akan berlaku lagi,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Geram Hari Pertama Kerja, ASN di Lahat Banyak Molor Ngantor

Dijelaskan Lutia, untuk melakukan pencetakan ulang kembali di mesin ADM, proses awal harus dilakukan pemohon pada pelayanan Dukcapil.

“Karena, selain bagi masyarakat yang baru melakukan perekaman, pencetakan KTP juga bisa dilakukan bagi msyarakat yang kehilangan KTP,” jelasnya.

“Tetapi harus mengurus terlebih dahulu ke loket pelayanan di Dukcapil. Setelah diverifikasi dan peserta mendapatkan Barcode, barulah bisa untuk dicetak sendiri,” tambahnya.

Disampaikannya, dalam proses kepengurusan dokumen tersebut, para pemohon diharapkan untuk dapat hadir langsung guna melakukan kepengurusan dokumen. “Proses pengurusan sendiri tidak dapat diwakilkan, hal tersebut guna meminimalisir penyalahgunaan pencetakan berkas kependudukan,” kata Lutia.

“Jadi kami himbau untuk masyarakat agar dapat mengurus sendiri berkasnya, dan kita akan layani untuk mengentri Email yang bersangkutan di dalam Kartu Keluarga tersebut, apakah Email suami ataupun istri,” ucapnya.

Lutia juga mengungkapkan, dalam proses pencetakan melalui mesin ADM, para pemohon hanya mebutuhkan waktu kurang lebih 10 menit yang terhitung mulai dari proses login Barcode.

“Jadi, sebisa mungkin kemudahan-kemudahan akses masyarakat ini untuk mengurus administrasi kependudukan kita permudah,” tungkasnya. (Ril/Bet)

Berikut prosedur penggunaan mesin ADM yang harus dipahami :

1. Masyrakat atau pemohon diharapkan untuk dapat mendaftarkan diri ke Disduckapil.

Baca Juga :   Polisi Bakal Periksa Lima Artis Terlibat Prostitusi Online

2. Masyarkat atau pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar ke Kantor Disdukcapil setempat.

3. Masyarakat atau pemohon akan menerima dua PIN, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan PIN untuk mencetak.

4. PIN hanya bisa digunakan untuk sekali pencetakan

Adapun prosedur dalam melakukan pencetakan melalui mesin ADM sebagai berikut : 

1. PIN untuk masuk ke ADM dan PIN untuk mencetak yang diterima oleh pemohon hanya untuk mencetak dokumen masing-masing satu.

2. Pemohon akan dikirimkan QR Code ke e-mail pemohon oleh Dukcapil sebagai alternatif jika tidak bisa menggunakan PIN.

3. Pergi ke mesin ADM untuk melakukan pencetakan. Masukkan PIN untuk mengaktifkan mesin.

4. Ada tiga pilihan yang harus pemohon pilih salah satu, yakni menggunakan sidik jari, Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau QR Code

5. Ikuti alur yang diminta oleh sistem, isi semua data yang dibutuhkan hingga muncul perintah “Silakan Cetak”.

6. Pilih salah satu metode pencetakan untuk menggunakan PIN atau QR Code.

7. Tunggu beberapa saat hingga fisik dokumen keluar dari mesin ADM

8. Proses pencetakan dokumen kependudukan pun telah selesai.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Betta Agri

Betta Agri

Check Also

Makmurkan 74 Masjid Dan 62 Musala

Muaraenim, Detik Sumsel- Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) memakmurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *