Pemerintah Sumatera Selatan
TAG TOYOTA
BANK INDONESIA
17 Agustus 2020
Beranda Nasional Gotong Royong Perbaiki Tanggul Desa

Gotong Royong Perbaiki Tanggul Desa

Tanggal : Pukul :
350
0
Gotong Royong Perbaiki Tanggul Desa
Anggota Koramil Gabus bersama warga Desa gotong royong memperbaiki tanggul di Desa yang mulai rusak digerus deras air hujan

Pati, Detik Sumsel — Di awal tahun 2020 ini seiring dengan musim penghujan yang mulai turun, banyak wilayah yang terdampak dengan datangnya musim ini. Di Wilayah Pati ada beberapa kecamatan yang terdampak antara lain Kecamatan Gabus. Derasnya hujan di daerah hulu berimbas derasnya arus sungai Gono yang melintasi ketiga desa yaitu Desa Koripandriyo, Desa Sunggingwarno dan Desa Soko Kecamatan Gabus longsor. Kamis, 09/01/2020.

Untuk mengurangi dampak meluapnya air ke persawahan dan pemukiman warga, ketiga perangkat desa tersebut bekerjasama dengan Koramil 18/Gabus, Polsek Gabus dan tim BPBD Kabupaten Pati serta relawan melaksanakan perbaikan tanggul dengan peralatan seadanya.

Dipimpin langsung Danramil 19/Gabus Kapten Inf Urip Widodo, kegiatan ini berlangsung dengan penuh semangat dan berpacu dengan kondisi cuaca wilayah yang diguyur gerimis. Dengan menggunakan karung yang diisi dengan tanah para relawan dan masyarakat ini bersama sama bergerak dengan cepat untuk menutup tanggu yang jebol.

Baca Juga :   Kampung Siaga, Desa Purworejo Pantau ODP Lewat Vidkon

Kapten Urip Widodo disela sela kegiatan tersebut mengatakan bahwa ini hanya sementara untuk mengurangi meluapnya arus sungai Gono ke persawahan dan pemukiman warga.

“Kedepannya kami akan memberikan laporan kepada pihak terkait untuk memperbaiki tanggul di sungai Gono ini agar kedepannya tidak terjadi lagi longsor” Ungkap Urip Widodo.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE dalam kesibukannya menyempatkan diri untuk meninjau kegiatan tersebut. Melihat kegiatan yang dilaksanakan Adi sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Baca Juga :   TNI Polri dan Warga Kayen Gotong Royong Bersihkan Sungai dari Tumpukan Sampah

“Bencana memang terjadi tanpa terduga, untuk itu kita harus segera tanggap apa yang terjadi di wilayah. Anggota Kodim Pati selalu siap siaga dalam mengatasi dan membantu masyarakat yang terkena musibah, seperti yang kita lihat sekarang ini. TNI selalu tampil untuk membantu kesulitan rakyat karena TNI berasal dari rakyat,” Ungkap Adi.

Kordinasi antar desa serta dengan berbagai instansi yang diperlihatkan oleh pemerintahan ketiga desa tersebut dengan unsur Muspika di Kecamatan Gabus selama ini terjalin dengan baik sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana untuk mengurangi dampak meluapnya aliran sungai Gono. (m@s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here