Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Olahraga Gelar Pelatihan Pelatih Panjat Tebing Level I Se-Sumatera

Gelar Pelatihan Pelatih Panjat Tebing Level I Se-Sumatera

Tanggal : Pukul :
143
0
Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi yang juga selaku Ketua Umum FPTI Sumsel pada hari kamis, (12/9) di rumah dinas Wakil Bupati Musi Banyuasin.

Sekayu, Detik Sumsel- Federasi Panjat Tebing Indonesia Sumatera Selatan (FPTI Sumsel) mengadakan Pelatihan Pelatih bagi pengcab se Sumsel yang diadakan tanggal 12-14 september 2019. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi yang juga selaku Ketua Umum FPTI Sumsel pada hari kamis, (12/9) di rumah dinas Wakil Bupati Musi Banyuasin.

Menurut ketua pelaksana Pelatihan pelatih Achmad Dimyati tujuan di adakan acara ini adalah untuk mensertifikasi pelatih-pelatih di Sumsel, dan meningkatkan kualitas, kemampuan dari pelatih cabor disetiap Kabupaten dan kota. “Dan diharapkan ke depan prestasi atlet panjat tebing yang ada di Kabupaten dan kota lebih meningkat dan mmpu bersaing di internasional.” katanya.

Pelatihan Pelatih ini, merupakan realisasi progam dari Litbang Dr. Bayu Hardiyono, M.Pd. untuk peningkatan sumber daya pelatih khususnya palatih yang belum tersertifikasi.

Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang, yang berasal dari berbagai Kabupaten dan kota di Sumsel sepeti, Kab. Musi Rawas, Kota Lubuk linggau, Kab. OKU, Kab. OKUT, Kab. OKUS, Kab. Musi Banyuasin, Kota Palembang, Kab. Empat Lawang, Kota Prabumulih, Kab. Muara Enim, Kab. Ogan Ilir, dan juga Klub dan Mapala perguruan tinggi 5 orang peserta.

Baca Juga :   Ayah Kandung Tebas Leher Anak Hingga Tewas

Kemudian dari Pengurus Pusat FPTI yang di wakilkan oleh Yudistiro selaku Kabiro pelatih FPTI yang dalam kesempatan kali ini juga dirinya sebagai pengisi materi pelatihan di hari pertama. dalam sambutannya dirinya menyampaikan bahwa dalam melakukan sesuatu tidak boleh setengah-setengah, semuanya harus total.

“Saya yakin Sumsel ini bisa menjadi yang terbaik. Karena menurut kami atlet berprestasi tidak harus dari pulau jawa, namun kebanyakan dari luar jawa. Oleh karna itu, kami sangat mengapresiasi dengan dengan diadakannya pelatihan ini dan semoga bermanfaat serta melahirkan pelatih pelatih yg handal, yang nantinya melahirkan atlet-atlet berpestasi dan kemudian mengharumkan nama Sumsel,” ungkapnya.

Selain Yudistiro, hadir pula dihari kedua Caly Setiawan, P.hd. Kepala bidang pembinaan prestasi FPTI pusat yang akan mengisi materi pelatihan pelatih ini.

Sementara itu Wakil Bupati Muba Beni Hernedi sekaligus sebagai Ketua FPTI Sumsel dalam sambutannya mengatakan, olahraga panjat tebing sekarang ini sudah bergeser. Selama ini hanya dilakukan oleh kalangan yang hobi kegiatan outdor saja, seolah-olah hanya aktifitas memuaskan adrenalin dan pertualangan semata. Namun ternyata sekarang sudah menjadi salah satu cabang olahraga (Cabor), bahkan bisa berkontribusi luar biasa baik bagi nama daerah maupun bangsa Indonesia.

Baca Juga :   Inovatif, Kades Ini Bangun Gedung Serbaguna Pakai DD

“Pada waktu Asian Games, dari puluhan cabor yang diperlombakan ternyata Cabor panjat tebing menyumbangkan tiga emas untuk Indonesia. Tenru jadi perhatian karena ini tidak mudah. Terbukti jika dibina dengan baik, dilatih dan dibina dengan benar bisa menghasilkan prestasi luar biasa. Walupun Kabupaten Muba tidak ada gunung dan tebing, ternyata putra Muba bisa menjadi pemanjat tercepat di indonesia,”bebernya.

Beni juga menyampaikan, agar Cabor Panjat tebing ini harus disosialisasikan ke masyarakat kalau olahraga ini sebenarnya tidak berbahaya. Oleh karena itu FPTI Sumsel dari hari kehari sangat mendukung untuk mempopulerkan panjat tebing, sehingga olahraga ini tidak lagi dilakukan hanya orang tertentu saja. Kedepan dalam sarana dan prasarana, berharap kepada Pemerintah Sumsel dan Kabupaten/Kota untuk membantu fasiltasi cabor ini.

“Hari ini berkat kerjasama yang baik, Kota Sekayu mendapatkan kepercayaan menajdi tuan rumah pelatihan pelatih panjat tebing. Tujuannya untuk menciptakan 100.000 pelatih yang handal untuk Indonesia, dan hari ini baru beberapa untuk cabor Panjat Tebing. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi titik awal untuk melakukan pelatihan di level satu,” pungkasnya.(ril/edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here