Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Foto: Istimewa

Gelar APWI 2018, Rebut Total Hadiah Rp300 Juta

Jakarta, Detik Sumsel- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018. Event yang digagas Biro Komunikasi Publik Kemenpar ini, menyediakan hadiah total sebesar Rp 300 juta.

APWI 2018 merupakan ajang penghargaan bagi pewarta pariwisata seluruh Indonesia. Karya yang bisa dilombakan berupa feature dari surat kabar, majalah, media online, televisi, hingga blogger. “Pendaftaran dibuka mulai 18 Oktober 2018 dan akan ditutup pada 8 November 2018,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Guntur Sakti.

Guntur mengatakan, APWI 2018 kali ini mengangkat tema Destinasi Digital. Karya yang bisa dilombakan harus terpublikasi periode Januari hingga 7 November 201. Harus dibuktikan dengan penerbitan di majalah, surat kabar, link berita, dan copy tayang.

“Seperti kita tahu, destinasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Kemenpar pada tahun ini gencar digaungkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Destinasi digital mengikuti trend perkembangan pariwisata di era digital dan generasi millennials, destinasi yang viral di dunia maya, hits di sosmed dan instagramable” kata Guntur Sakti.

Untuk mengikuti APWI 2018, peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) dari 5 (lima) kategori. Yakni Surat Kabar, Majalah, Media On-line, Televisi dan Blogger. “Para peserta dapat mengirimkan maksimal 3 artikel atau tayangan feature berupa hasil scan atau link berita ke alamat email panitia apwi.kemenpar@gmail.com,” ungkap Guntur Sakti.

Baca Juga :   Bantah Taruhan untuk Pemecatan Mourinho

Selanjutnya, bukti pemuatan karya para peserta wajib dikirim melalui pos dan disertai fotokopi indentitas penulis (KTP atau ID Pers). Kiriman karya dialamatkan ke Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Gedung Sapta Pesona Lantai 2, Jalan Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta Pusat 10110. “Jangan lupa menuliskan Peserta APWI 2018 di pojok kiri amplop. Khusus untuk kategori tayangan televisi dikirim dalam bentuk DVD,” tambah Guntur Sakti.

Syarat lainnya, karya harus karya asli dan panitia berhak menggugurkan pemenang apabila dikemudian hari tulisan terbukti bukan karya asli. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menpar Arief Yahya pada acara penganugerahan kepada para pemenang APWI 2018 pada 6 Desember 2018 mendatang. Malam penganugerahan akan digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar.

Menpar Arief Yahya akan memberikan hadiah berupa uang dan trophy bagi para pemenang juara I, II dan III. Selain itu ada juga juara harapan I dan II dari masing-masing kategori (Surat Kabar, Majalah, Media On-line, Televisi dan Blog).

Baca Juga :   KKN di Desa Pamah, Mahasiswa STIE Serelo Bantu Petani Pasarkan Cabe

Selain itu, akan satu pemenang dari 5 kategori ini yang akan dipilih sebagai best of the best. Hadiah pemenang best of the best berhak mendapat uang sebesar Rp 100 juta. “Apresiasi ini dilakukan oleh Biro Komunikasi Publik sebagai bentuk penghargaan atas konsistensi, dediksi serta upaya para pewarta yang terus berkarya dan turut serta dalam mempublikasikan pariwisata Indonesia,” tutup Guntur Sakti.

Menpar Arief Yahya mengatakan, media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah, dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional. “Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen. Terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, informasi yang objektif, faktual dan aktual menjadi promosi yang efektif dan mendorong minat wisatawan melakukan perjalanan wisata di Tanah Air. “Apa yang diinformasikan media setidaknya dapat mengundang minat para turis asing datang ke Indonesia. Sudah selayaknya para insan media ini diberikan penghargaan,” tambah Arief Yahya.(net)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Deby

Avatar

Check Also

Hadiri Puncak Hari Santri Nasional, HD Minta Santri Manfaatkan Teknologi

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru meminta para santri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *