Pemprov
Kegiatan webinar Bank Indonesia terkait dengan transaksi aman secara non tunai. (maya/detiksumsel.com)

Galakkan QRIS, Aman Bertransaksi di Tengah Covid-19

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia terus menggalakkan masyarakat bertransaksi secara non tunai, untuk mendukung program pemerintah gerakan non tunai.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel) Hari Widodo mengatakan, pembayaran non tunai menjadi solusi transaksi aman dan nyaman ditengah masa pandemi. Karena bisa menghindari kontak langsung dengan pembeli, sehingga bisa menekan penyebaran covid-19.

Transaksi non tunai juga memberikan banyak manfaat, bagi pengguna atau juga merchant itu sendiri. Bagi merchant, transaksi non tunai memberikan kemudahan, karena transaksi langsung tercatat pada sistem perbankan sehingga pembukuan rapi dan sistematis.

Baca Juga :   Menginap di Cordela, Bisa Liburan ke Lego Land Malaysia

Trasaksi non tunai juga memberikan kemudahan, tidak harus menyediakan kembalian uang kecil lagi. Karena pembayaran yang dilakukan dengan jumlah pas.

“Alhamdulilah pertumbuhan ekonomi Sumsel menunjukkan tren positif meski dua kuartal terkontraksi karena kondisi rumah tangga terus naik seiring mulai kembalinya aktivitas masyarakat namun juga harus dibarengi dengan pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi dengan transaksi non tunai,” ujar Hari Widodo disela Webinar Transaksi Aman dengan Cashless secara virtual, Senin (30/11).

Sementara itu Ekonom Senior DKSP Bank Indonesia, Ringi Gundala mengatakan pengunaan transaksi non tunai di masa pandemi naik. Hingga 20 November tercatat merchant QRIS usaha kecil, mikro dan menengah 156.507 merchant di Sumsel dengan jumlah merchant terbanyak 96 ribu di Palembang.

Baca Juga :   Medco EP Raih Proper Emas Delapan Tahun Berturut-Turut

Secara nasional QRIS sudah digunakan oleh 5,3 merchant dan 85 persen atau 4,5 juta usaha kecil dan mikro. QRIS digunakan oleh 27 bank dan 22 lembaga non bank.

“Transaksi dengan QRIS itu keren, mudah, kekinian sekaligus mendukung program pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan sosial distancing,” tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Pelabuhan Rakyat Sungai Lais Akan Dikembangkan

Palembang, Detik Sumsel — PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang akan mengembangkan pelabuhan rakyat di Sungai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *