Pemprov
Ketua Forum Relawan Difabel Syavera Nurdini

FRD Minta Pemerintah Perhatikan Kaum Difabel

Palembang, Detik Sumsel –Hari tanggal 3 Desember merupakan peringatan Hari Difabel Internasional, di hari ini Forum Relawan Difabel (FRD) Kota Palembang mendorong pemerintah daerah menyediakan fasilitas untuk ramah disabilitas di Kota Palembang.

“Meminta pemerintah daerah, dibantu oleh pemerintah pusat agar membangun fasilitas publik yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat penyandang disabilitas yang masih sering terabaikan,” ungkap Ketua FRD Syavera Nurdini saat di temui Detik Sumsel di Sekretariat Senin (3/11)

Menurut Vera, hasil pembangunan yang nyata terjadi ketika ada pemerataan pembangunan, di mana seluruh elemen masyarakat bisa merasakan manfaat dari pembangunan tersebut, termasuk kelompok disabilitas.

Baca Juga :   Pengemudi Sedan Ditemukan Tewas Didalam Mobilnya

“Beberapa sarana publik untuk penyandang disabilitas yang mesti diperhatikan antara lain akses jalan dengan cara membuat trotoar yang dilengkapi lantai pemandu, jembatan penyeberangan orang yang bisa dilalui pengguna kursi roda, hingga jarak tanda zebra cross dengan garis berhenti kendaraan yang tidak terlalu dekat.” papar Putri Alm. Belman Karmuda ini.

Dengan begitu, lanjut dia, pengendara memiliki jarak yang cukup untuk berhenti dan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas menyeberang.

“Aspek lain yang harus diperhatikan, adalah transportasi umum. Mulai dari akses ke stasiun, halte, atau terminal bus harus memiliki jalur-jalur datar dan kesan yang aman dengan tingkat kemiringan maksimal 5 persen agar dapat dilalui oleh pengguna kursi roda. Sediakan juga lift khusus untuk penyandang disabilitas di setiap fasilitas umum,” pungkasnya (fir)

Baca Juga :   Sekarang, Urus E-KTP dan KK Tak Perlu Pakai Surat Keterangan RT/RW
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Firwanto M. Isa

Firwanto M. Isa

Check Also

Kembang Desa Asal Muaraenim Melaju ke Top Model Nasional

Muaraenim, Detik Sumsel- Bermodalkan keberanian dan pecaya diri gadis cantik bernama Altika Redo Yani (16) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *