Pemprov
Fraksi Demokrat: Pemkab Lahat Harus Tinjau Perizinan dan Dampak dari PT SERD
Kondisi di dalam kawasan PT Suprame Energi. Foto Heru/DS

Fraksi Demokrat: Pemkab Lahat Harus Tinjau Perizinan dan Dampak dari PT SERD

Lahat, Detik Sumsel — Terkait kunjungan kerja anggota DPRD Lahat ke lokasi kerja proyek geotermal PT Suprame Energi Rantau Depap (PT SERP), Rabu (22/1) lalu. Fraksi Partai Demokrat memberikan pandangan, Pemkab Lahat perlu membuat Satgas pencari fakta dan data, terkait tapal batas wilayah kerja PT SERP.

Juru bicara Fraksi Demokrat, Ahmad Barmawi AMd menjelaskan, hasil peninjauan didapat berdasarkan peta atlas provinsi Sumatera Selatan, Bakosurtanal, wilayah administrasi Kabupaten Lahat dibagian selatan tidak berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim, melainkan berbatasan dengan Kabupaten Manna, Provinsi Bengkulu.

Baca Juga :   Lindungi Personel dari Covid 19, Polda Sumsel Berikan Masker dan Suplemen

“Harus ada Satgas pencari data dan fakta. Lahat masuk dalam daerah penghasil komposisi pembagian dana bagi hasil, ini penting untuk peningkatan PAD kita,” jelas Barmawi, Rabu (5/2), saat sidang paripurna di DPRD Lahat dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap raperda.

Lanjut Barmawi, berdasarkan keterangan Support Manager PT SERD, WKP PT SERD seluas 35.460 hektar, sedangkan izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) dari Kementerian Lingkungan Hidup (KKLH) hanya seluas 115 hektar. Dari hasil peninjuan, selain melakukan kegiatan melebihi izin, PT SERD juga belum melakukan reboisasi terhadap penggunaan kawasan hutan lindung (HL).

Baca Juga :   Tingkatkan Motivasi Pemain, Sriwijaya FC Gelar Latihan di Pantai

“Fraksi Demokrat Lahat merekomendasikan, Pemkab Lahat untuk meninjau perizinan dan dampak dari PT SERD. Karna selain belum melakukan reboisasi terhadap HL, normalisasi sungai di dalam kawasan dan sekitar kawasan, syarat dalam IPPKH dan KLLH juga belum dilakukan,” terangnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Yakini Bupati dan Wabup Terpilih Mampu Majukan Ogan Ilir

Indralaya, Detik Sumsel- Wakil Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya percaya Bupati Ogan Ilir dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *