Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Ketua AMKPD Palembang, Nandriani Octarina.,S.Psi.,CHA
Ketua AMKPD Palembang, Nandriani Octarina.,S.Psi.,CHA

Fenomena Keraton Agung, Nandriani Minta Masyarakat Tak Terpengaruh

Palembang, Detik Sumsel – Fenomena Keraton Agung Sejagat di Perworejo, Jawa Tengah menjadi perhatian publik. Kerajaan fiktif ini diduga berkaitan dengan persoalan ekonomi.

Menanggapi fenomena ini, Ketua Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD) Kota Palembang, Nandriani Octarina., S.Psi., CHA meminta masyarakat tidak terpancing dan terpengaruh.

“Kita apresiasi penegak hukum yang cepat, tanggap semoga fenomena ini tidak terjadi di Sumsel dan kewajiban kita bersama untuk mengawalnya,” kata Iik sapaan akrab Nandriani saat dibincangi di Palembang, Kamis (23/1).

Baca Juga :   Pilkada 7 Kabupaten/Kota di Sumsel Resmi Ditunda di Tahun 2021

Ketua IKA Psikologi Unsri Ini menerangkan, berdasarkan ilmu psikologi, fenomena kerajaan fiktif seperti munculnya Keraton Agung Sejagat biasanya dimunculkan oleh orang yang mengalami delusi keagungan (grandiose delusion).

Keberhasilan para penggagas kerajaan fiktif untuk menggaet pengikut, menurut dia, karena didukung dengan penguasaan psikologi massa sehingga mampu mempengaruhi atau meyakinkan orang lain.

“Cerita-cerita yang disampaikan di tengah kumpulan massa mampu mereka kemas secara menarik sehingga membuat hal-hal yang tidak ada seolah nyata,” ungkapnya.

Baca Juga :   Minta Polisi Usut Pelaku Pembakaran Bendera PDI Perjuangan

Iik melanjutkan, kemampuan psikologi ini berpeluang menghipnotis orang lain memutuskan menjadi pengikutnya. “Itulah suatu kekuatan psikologi massa sehingga orang dengan mudah percaya dengan apa yang dikemukakan,” kata dia.

Ia pun berpesan agar masyarakat tidak mudah tertipu dan terpengaruh mengikiti fenomena-fenomena demikian dengan mempelajari lebih dalam dan mengklarifikasi setiap kejadian. “Kita ini jelas negara hukum, dan NKRI. Jangan terpancing dan harus satu komando menjaga negara ini,” pungkasnya. (Red)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi

Redaksi

Check Also

Fantastis.. Rehab Gedung dan Interior Mess Perwakilan Muba di Palembang Seharga Rumah Mewah

Palembang, Detik Sumsel- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Bagian Umum dan Perlengkapan Pemkab Muba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *