Sosok Sahilin Sang Maestro Tembang Batanghari Sembilan Dimata Teman Duetnya Siti Romlah

- Sabtu, 25 Februari 2023 | 12:08 WIB
Siti Romlah teman duet manggung almarhum Sahilin  (Fauzi )
Siti Romlah teman duet manggung almarhum Sahilin (Fauzi )

Palembang, Detik Sumsel.com -- Siapa yang tidak mengenal Sahilin terutama pecinta tembang Batanghari Sembilan pasti tidak asing lagi dengan sosok Sahilin penyanyi lagu "Kaos Lampu" dan Bujang Buntu ini telah pergi untuk selamanya. 

Meninggalnya Sahilin sang Maestro musik Batanghari Sembilan menyisakan kesedihan yang mendalam bagi keluarga almarhum tidak terkecuali Siti Romlah (70) teman duet Sahilin selama manggung puluhan tahun. 

Dimata Siti Romlah, Sahilin bukan lagi sebagai teman duet tapi sudah seperti saudara terlebih rumah Siti Romlah dan Sahilin sangat dekat. Sahilin maupun Siti Romlah sama sama tinggal di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan RT 12 RW 03, Kelurahan 35 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang. 

Kepada Detik Sumsel.com Siti Romlah mengaku kaget saat mendengar Sahilin teman duet manggungnya meninggal dunia. "Terus terang saya kaget mendapat kabar Sahilin meninggal dunia,"kata Siti Romlah kepada wartawan saat ditemui dirumah duka almarhum Sahilin Sabtu 25 Februari 2023. 

Siti Romlah mencoba mengenang awal ia dan Sahilin bisa menjadi teman duet manggung tembang Batanghari Sembilan. Dirinya sudah mengenal almarhum Sahilin hampir 50 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1973. Dimata Siti Romlah almarhum Sahilin merupakan sosok yang sangat baik. 

"Saya dan almarhum Sahilin sering tampil dalam acara khusus muda mudi di kampungnya di Kedukan Bukit II, yang kala itu dikenal dengan istilah ningku'an,"ucapnya. 

Saat tampil kata Siti Romlah, Sahilin memainkan gitar dan dirinya yang menendangkan lagu atau penyanyinya. Setelah itu, ia dan almarhum Sahilin sepakat untuk menjadi teman duet manggung khususnya tembang musik Batanghari Sembilan. 

Dalam perjalanan didunia musik Batanghari Sembilan dan berduet dengan almarhum Sahilin, Siti Romlah tidak pernah sekalipun berselisih paham sedikitpun, dikarenakan sosok almarhum Sahilin selain dikenal bijaksana juga tidak pemarah.

"Kami tanggal 17 dan 18 Februari kemarin duet "nembang" Batanghari Sembilan di Desa Mainan Banyuasin dan Desa Tanjung laut Pedamaran, nah rencananya malam ini kami mau ngisi acara warga di Sungai Batang Kalidoni,"ungkapnya.(oji)

Editor: Fauzi DS

Terkini

X