Detik
Tri Aji Baskoro Area Business Manager Enseval Palembang, Kepala Komunikasi Eksternal & Hubungan Stakeholder PT Kalbe Farma Tbk, Hari Nugroho, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palembang saat memberikan keterangan soal obat (Maya / Detiksumsel.com)

Enseval Dorong Seluruh Toko Obat Memiliki Izin

Palembang, Detik Sumsel – Sampai saat ini tercatat baru ada 96 toko obat yang ada dikota Palembang memiliki izin dari Dinas Kesehatan Kota Palembang. Padahal setiap tahunnya jumlah toko obat yang berada di kota Palembang terus mengalami peningkatan.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sri Yulia Ningsih, SKM,M.Kes menjelaskan kategori toko obat itu ia menjual obat berlabel biru dan hijau dan tidak menjual obat keras atau berlabel merah. Kalau apotek dilengkapi dengan obat keras dan resep dokter.

“Berdasarkan data yang ada di kami, hanya ada 5 persen toko obat yang ada dikota Palembang yabg tidak memiloki izin.” ujarnya disela acara acara Media Brief Enseval Berikan Pendampingan Perijinan Outlet, Selasa (2/7).

Ia menambahkan, Dinkes dalam hal ini hanya melakukan pembinaan saja di toko obat ini. Kalau pengawasan dan penindakan kembali ke BPOM. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan kita lapor ke BPOM,” tegasnya.

Dikatakanya, sebenarnya ini tidak ribet untuk mengurus izin toko obat, karena sebenarnya tidak kurang dari 12 hari kerja selesai bila berkasnya lengkap., dan bila tidak lengkap akan dikembalaikwn pada pemiliknuntuk memperbaiki izin.

Baca Juga :   Support Penerangan Kawasan MBR, PLN Bangun Infrastruktur di Perumahan Middle Low

Ditambahkanya ,kami sangat senang dan menyambut baik dengan adanya pendampingan dari Envesal. “Kita harap dengan adanya pendampingan dari Envesal bisa menambah banyak toko obat yang ada di Palembang khususnya yang berizin,”jelasnya.

Sementara itu, Tri Aji Baskoro Area Business Manager Enseval Palembang
mengatakan Kota Palembang, Enseval mendorong agar para pelanggan memiliki perizinan yang sesuai dengan bidang usahanya dengan memacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Dalam bimbingan teknis ini, Enseval akan membantu memfasilitasi tenaga kefarmasian, untuk memastikan pelanggan telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) pada setiap fungsi yang telah dijalankan dengan baik.

Selain itu, tenaga kefarmasian juga akan membantu pelanggan menyiapkan dokumen -dokumen yang dipersyaratkan.

Enseval sebagai salah satu anak usaha Kalbe yang bergerak di bidang distribusi senantiasa menerapkan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) untuk menjamin kualitas dan kemanan yang didistribusikan.

Penerapan CDOB sudah disusun sejak 2003 dan mulai tahun 2017 melalui Peraturan Kepala BPOM Nomor 25 tahun 2017 tentang Tata Cara Sertifikasi Cara Distribusi Obat yang baik, Pedagang Besar Farmasi (PBF) diwajibkan menerapkan pedoman teknis CDOB.

Baca Juga :   Mulai Hari Ini, Harga Pertamax Series dan Dexlite Turun Rp.600 Perliter

“Penerapan CDOB merupakan faktor penting dalam proses pendistribusian obat yang bertujuan memastikan mutu obat selama proses distribusi dan penyaluran sehingga aman ketika dikonsumsi oleh masyarakat,”terangnya.

Kepala Komunikasi Eksternal & Hubungan Stakeholder PT Kalbe Farma Tbk, Hari Nugroho mengatakan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu entitas anak usahanya, PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval) siap memberikan pendampingan kepada toko obat untuk mengurus perijinan.

Hal ini dilakukan agar pelanggan dapat memastikan mutu obat selama proses distribusi penyaluran sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaanya sehingga masyarakat dapat merasakan  manfaat secara maksimal dari obat yang digunakan.

“Kegiatan pemberian bimbingan teknis akan dilakukan diseluruh kabupaten/kota diseluruh Indonesia yang telah dimulai di Semarang, Jember, Palembang, Makassar dan Bandar Lampung,”katanya.

Sesuai misi Kalbe yakni meningkatkan kesehatan untuk kehidupan lebih baik, Kalbe terus menghasilkan produk berkualitas untuk masyarakat. (May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Luncurkan WOWLabs, Wadah Kokreasi Anak Muda

Palembang, Detik Sumsel – Untuk mendukung generasi muda terus berkreasi ditengah kondisi covid-19, Smartfren meluncurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *