Iklan

Detik
Pemprov
Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana

Enam Petugas KPPS di Sumsel Meninggal, KPU: Rekapitulasi Tidak Meski 24 Jam

Palembang, Detik Sumsel- Sebanyak 6 orang Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Sumatera Selatan (Sumsel) meninggal dunia akibat kelelahan menjalankan tugasnya pada pemilu serentak 2019.

“Sampai pagi ini 6 orang (meninggal), rinciannya 2 di OKU Timur, 1 di OKI, 1 di Muba dan 1 di Banyuasin,” ungkap Ketua KPU Kelly Mariana, Selasa (23/4).

Diakui Kelly, untuk di Banyuasin memang ada 2 Petugas KPPS yang meninggal, namun satu orang petugas tesebut meninggal sebelum pelaksanaan pemilu.
“Memang ada yang meninggal tapi sebelum pemilu,” jelasnya.

Baca Juga :   Kunjungi TKD Sumsel, Surya Paloh Berikan Pengarahan

Menurut Kelly, faktor utama penyebab meninggal petugas KPPS terebut karena faktor capek dan kelelahan akibat proses pemungutan dan rekapitulasi suara yang begitu panjang.

“Bisa jadi karena kelelahan, kecapekan dan mungkin juga ada penyakit dan yang pasti ajal. Cuma faktor kelelahan yang jadi sebab utama, karena hampir diseluruh Indonesia hampir 100 an (petugas KPPS yang meninggal,” ujarnya.

Pada proses rekapitulasi suara ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK yang saat ini sedang berjalan, Kelly mengatakan, pihaknya telah mengimbau KPU Kabupaten/Kota untuk memberikan waktu bagi petugas PPK untuk beristirahat. Karena menurutnya saat ini banyak petugas yang jatuh sakit akibat kelelahan.

Baca Juga :   AHY Tunjuk H Tama Pimpin Demokrat OI, Gantikan Addinul Ikhsan

“Kami mengimbau untuk rekapitulasi sekarang di tingkat PPK sebenarnya bisa beristirahat, bukan berarti 24 jam full, mereka bisa beristirahat, stop dulu plenonya, besok pagi disambung lagi itu bisa,” katanya.(tet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

PDI Perjuangan Siap Jaga Kondusifitas, Giri Ramanda : Kita Dukung Rakyat PALI Memilih Sesuai Hati Nurani

Pali, Detik Sumsel – Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali ), akan menggelar pemungutan suara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *