Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Muara Enim Empat Desa Masuk Kategori Proklim KLH dan Kehutanan

Empat Desa Masuk Kategori Proklim KLH dan Kehutanan

Tanggal : Pukul :
354
0

Muara Enim, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten Muara Enim, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2018, dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang ditujukan untuk empat desa atas Kategori Proklim Utama dengan grade nilai diatas 90. Penghargaan ini diterima Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Ir H Hassanudin MM, Rabu (24/10), yang dihelat di Auditorium Manggala Wanabakti Kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Adapun keempat desa yang mendapatkan piala Proklim tersebut yaitu kelompok penggiat Proklim Bukit Agung desa Keban Agung kecamatan Lawang Kidul berhasil membawa piala, insentif, dan  sertifikat atas keberhasilannya membangun kampung modern, dengan keasrian yang alami serta iklim yang sejuk, khususnya penghijauan yang tetap terjaga di desa tersebut.Sedangkan tiga desa lainnya hanya mendapatkan sertifikat penghargaan dari kementerian  LHK atas keberhasilannya  menjaga lingkungan sekitar desa sehingga tetap sejuk. Adapun ketiga desa itu Kayu Ara Sakti kecamatan Gunung Megang, Embawang Kecamatann Tanjung Agung dan desa Tanjung Karangan.

Penghargaan ini diberikan pemerintah pusat, atas usaha Pemkab Muara Enim dalam hal ini keempat desa yang ada di kabupaten Muara Enim dianggap berhasil membangun kampung modern, dengan keasrian yang alami serta iklim yang sejuk, khususnya penghijauan yang tetap terjaga.

“Alhamdulillah 2018 ini kita dapat penghargaan ProKlim Utama terhadap kelompok Penggiat yang ada di desa Keban Agung kecamatan Lawang Kidul beserta tiga desa lainnya yaitu desa Kayu Ara Sakti, Embawang, dan Tanjung Katangan . Penghargaan Ini yang selalu mendukung serta mensuport keempat desa ini dalam menjaga kesetiaan lingkungannya,” pungkas Bupati Muara Ir.H. Ahmad Yani, MM  melalui Sekertaris Daerah Ir. H Hassanudin, MM, Rabu (24/10).

Lebih lanjut Hassanudin menambahkan, jika penghargaan tersebut sebagai upaya dan bentuk komitmen Pemkab Muara Enim untuk memperbaiki seluruh wilayah desa yang ada di wilayah kabupaten Muara Enim demi terciptanya iklim yang sehat.

“Kami mengajak masyarakat di seluruh desa dimana saja, untuk membangun kampungnya, dengan harapan seluruh desa di Bumi Serasan Sekundang ini menjadi desa yang nyaman dikunjungi,” lanjutnya.

Kemudiaan Hassanudin mengatakan Program kampung iklim(proklim) merupakan prgram nasional dalam upaya antisipasi perubahan iklim ditingkat tapak.

“Proklim ini merupakan kegiatan nasional dalam upaya adaptasi dan mitigasi bentuk konsistensi pemerintah pusat terhadap upaya yang telah dilakukan oleh desa atau kelompok penggiat proklim dengan  memberikan apresiasi berupa piala dan insentif serta sertifikat dan Almulailah kabupaten Muara Enim ada 4 desa yang masuk dalam kategori ini,” tutupnya.(ndi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here