Gelar RUPST, Rombak Susunan Pengurus Perseroan

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:48 WIB
Suasana pada saat kegiatan RUPST di wisma Atlet Jakarta
Suasana pada saat kegiatan RUPST di wisma Atlet Jakarta

Palembang, Detik Sumsel- PT.Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menggelaf Rapat Umum Pemegang Saham Tahuna (RUPST) Tahun buku 2021.

Dalam RUPST , PT Semen Baturaja dilakukan perombakan susunan pengurus persero managemen. "Ada pergeseran dan pergerakan dususunan Managemen. Ini dilakukan agar ada penyegaran saja," jelas Komisaris Utama Perseroan, Franky Sibarani, disela -sepa RUPST yang dilaksanakan di Wisma Atlet Jakarta kemarin, Jumat (25/03).

Secara kinerja jelasnya SMBR yang merupakan salah saru perusahaan BUMN di Sumatera Selatan yang bergerak di industri semen, selama tahun 2021 mencatat dan mengantongi laba bersig persero sebesad Rp 51,8 Miliar.

Laba bersih tahun 2021 ditetapkan sebagai cadangan lainnya yang digunakan untuk investasi perusahaan sesuai dengan pertimbangan kondisi perekonomian Indonesia, kebutuhan dana untuk investasi pengembangan dan untuk menjaga likuiditas Perseroan dalam kondisi baik.

RUPST kali ini juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan. Perubahan susunan pengurus perseroan dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya.

Perseroan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi pengurus perseroan yang diganti dalam menjaga kinerja keuangan dan operasional SMBR.

Dalam rapat ini, pemegang saham menyetujui 7 mata acara yakni persetujuan laporan tahunan direksi, laporan pelaksanaan tugas pengawasan dewan komisaris, dan pengesahan laporan keuangan tahun buku 2021. Sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas kinerja yang telah dijalankan selama tahun buku 2021.

Pada laporan yang disampaikan oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko M. Jamil, melaporkan jika perseroan berhasil melalui situasi sulit di masa Pandemi Covid-19 dengan membukukan volume penjualan sebesar 1,9 juta ton atau meningkat 1% dari tahun 2020.

Perseroan juga mampu mempertahankan pangsa pasar di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni 31%. Selain itu peningkatan pangsa pasar terjadi di wilayah Lampung yang mencapai 29% atau naik 1% (yoy).

Dari sisi kinerja keuangan, Perseroan mampu memaksimalkan penjualan dengan capaian 1,8 triliun atau meningkat 2% dari realisasi tahun 2020. Sehingga kinerja laba bersih Perseroan tumbuh 372% menjadi Rp 51,8 miliar tahun 2021.

“Meskipun industri semen masih mengalami kondisi over supply, namun kinerja positif Perseroan tak luput dari inisiatif strategis yang kami terapkan di perusahaan untuk terus melakukan efisiensi melalui program SMBRGO45 dan meningkatkan produktivitas melalui SMBRGO3T.” tambah Jamil.

SMBRGO45 adalah inisiatif strategis perusahaan melalui pelaksanaan program efisiensi biaya produksi antara lain peningkatan penggunaan batubara dari sumber paling ekonomis, menjaga kelancaran operasi dengan program Predictive Maintenance dan Preventive Maintenance, optimalisasi produksi semen, optimalisasi penggunaan limbah B3 sebagai bahan baku dan energi, dan optimalisasi metode blasting berbanding metode surface mining.

Selain itu pemegang saham menyetujui Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil Tahun 2021, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2021.

Penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2022.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X