Pemerintah Beri Bantuan Subsidi Motor Listrik, Simak Caranya

- Rabu, 8 Maret 2023 | 15:01 WIB
Pemerintah Beri Bantuan Subsidi Motor Listrik (Tangkapan Layar)
Pemerintah Beri Bantuan Subsidi Motor Listrik (Tangkapan Layar)

Palembang, Detiksumsel.com — Pemerintah memberikan bantuan pembelian Electric Vehicle kepada masyarakat sebagai langkah akselerasi pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Tanah Air.

Hal ini juga agar terjadi adopsi massal kendaraan listrik yang akan menarik para investor untuk mendirikan fasilitas produksi kendaraan listrik di Indonesia.

Bantuan diberikan untuk pembelian 200.000 unit motor listrik dan konversi 50.000 motor konvensional menjadi motor listrik.

Dilansir dari Youtube Kementrian Perindustrian RI tanggal 7 Maret 2023.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan cara masyarakat bisa mendapatkan subsidi motor listrik sebesar Rp. 7 juta dari pemerintah.

"Calon pembeli datang dan dealer akan memeriksa NIK pada KTP. Di situ akan dilihat apakah dia berhak mendapatkan bantuan, apabila setelah dicek dalam sistem mereka memang berhak mendapat bantuan maka pembeli akan langsung mendapatkan potongan harga," jelasnya.

Selanjutnya Agus juga menjelaskan proses subsidi yang telah diinput dealer akan di ajukan klaim ke bank Himbara dan nanti bank himbara akan membayar penggantian biaya ke produsen.

Produsen listrik yang memenuhi kriteria tidak boleh menaikkan harga jual selama masa pemberian bantuan.


“Dealder akan menginput data sesuai prosedur dan mengajukan klaim subsidi ke Bank Himbara.”


"Bank Himbara memeriksa kelengkapan, apabila semua selesai, Himbara akan membayar penggantian insentif ke produsen. Jadi bantuan ini diberikan ke produsen,"ungkapnya.

Editor: Retno Kurnia

Tags

Terkini

Gandeng Warda, Pizza Hut Gelar Beauty Class

Sabtu, 10 Juni 2023 | 21:04 WIB

Toyota Yaris Cros Segera Meluncur di Palembang

Selasa, 6 Juni 2023 | 18:54 WIB

Smartfren Luncurkan Kartu Perdana Umroh Haji

Senin, 5 Juni 2023 | 16:53 WIB
X