Iklan
Pemprov

Efisiensi, Cara JM Hadapi Gempuran Pendemi Covid – 19

Palembang, Detik Sumsel – Bila beberapa usaha ritel yang ada di Palembang, seperti Ramayana dept store yang sudah tutup dan Giant yang akan menutup usahanya di Palembang, JM Group memilih melakukan efisiensi untuk bertahan di persaingan usaha dan dampak pandemi Covid-19.

General Affairs JM Group Denny mengatakan, kondisi bisnis untuk JM Group memang sudah mulai membaik, tapi belum stabil seperti sebelum pandemi ditahun 2019 lalu. “Kalau berkaca dari dibandingkan lebaran tahun ini dengan tahun lalu ada peningkatan tapi masih jauh,” ungkapnya ketika dibincangi detiksumsel.com, Sabtu (29/05).

Ditambahkannya, penutupan jaringan usaha ritel yang dilakukan secara nasional tersebut punya market yang berbeda dengan JM Grup. Namun memang harus diakui badai pandemi ini membikin seluruh sektor terpukul. Pelaku usaha melakukan berbagai strategis akan bertahan. Salah satunya, efisiensi.

Baca Juga :   Ingin Coba Sensasi Tekwan Kuah Pindang? Disini Tempatnya

Ia mencontohkan, setiap ramadhan pihaknya selalu melakukan penambahan karyawan musimam, tapi sekarang tidak. Sebelum pandemi ada sekitar 1500 karyawan tapi sekarang kurang dari 1000 karyawan untuk di 7 Outlet JM yang ada.

“Kami tidak melakukan penambahan karyawan musiman tahun ini,”katanya.

Denny mengungkapkan pihaknya sangat menghindari yang namanya pemutusan hubungan kerja. Pihaknya pun memikirkan nasib karyawan. Namun penyesuaian disini mulai dari melihat kinerja, mereka yang berhenti sendiri hingga kontrak habis.

“Sebisa mungkin kami tidak melakukan PHK dan tetap berusaha memenuhi hak dan kewajiban perusahaan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Masyarakat Terus Bidik Rumah Bersubsidi

Selain itu, lanjut Denny melakukan efisiensi pun pihaknya tengah melakukan percobaan konsep belanja swalayan. Dimana konsumen belanja silakan memilih produk dan ketika membutuhkan bantuan baru di panggil pramuniaga untuk membantu konsumen.

Tapi ini masih di coba sebab ada beberapa kendala terutama untuk di fashion , pengunjung yang butuh ukuran atau menanyakan sesuatu. Selain memang ada pengunjung yang tidak suka ketika belanja di ikuti.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyesuaikan kebutuhan dengan gencar melakukan digitalisasi dan belanja online. Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat.

“Konsep belanja JM Grup tetap sama yakni One stop shopping belanja beragam dan keperluan apa saja ada di JM,” tukasnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sambut Tahun Ajaran Baru, Grand JM Hadirkan Area Khusus Back To School

Palembang, Detik Sumsel – Menjelang tahun ajaran baru, Grand JM PS Palembang sudah menyiapkan beragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *