KPU Sumatera Selatan

Effalah Resmi Menjadi Anggota DPRD OKU

0
136
Pengambilan sumpah jabatan Effalah Mitra sebagai anggota DPRD OKU menggantikan Hj Erlina Bachtiar.

Baturaja, Detik Sumsel — Effalah Mitra resmi menjadi anggota DPRD Ogan Komering Ulu setelah dilantik Sabtu (17/11) digedung DPRD OKU. Effalah Mitra menggantikan Erlina Bachtiar yang mengundurkan diri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan loncat ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pelantikan ini dilakukan dalam Rapat paripurna istimewa ke IV masa persidangan ke 3 DPRD OKU dalam rangka sumpah janji Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD OKU.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan  Gubernur nomor : 637/kpts/I/2018 tanggal 31 Oktober 2017 tentang pemberhentian Erlina Bahtiar dan mengangkat Effalah Mitra untuk menggantikan posisi Erlina saat ini.

Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani mengatakan, sesuai dengan surat yang dikirim DPD Partai Keadilan Sejahtera nomor : 26/K/AF-08-PKS/1439 H tanggal 3 September 2018 tentang pemberhentian dan pergantian Erlina Bachtiar sudah sepatutnya dan sesuai mekanisme yang diatur undang-undang, pimpinan DPRD telah menindaklanjuti tentang surat nomor 170/494/XIII/2018 tanggal 27 September 2018 dan diserahkan kepada Gubernur Sumatera Selatan.

Merujuk pada ketentuan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam pasal 410 ayat (6) undang-undang nomor 17 tahun 2014, peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD, pasal 114 ayat (1), bahwa sebelum memangku jabatannya PAW harus mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh ketua atau wakil ketua DPRD.

“Untuk saudara Hj Erlina Bachtiar kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya sekaligus ucapan terimakasih atas pengabdian saudara selama ini. Dedikasi saudara kepada daerah dan masyarakat OKU cukup besar. Untuk saudara Effalah selamat bergabung mari kita bersama-sama melaksanakan tugas dan kewajiban yang diamanatkan rakyat kepada kita,”kata Zaplin

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H Achmad Tarmizi mengatakan pengucapan sumpah saat ini adalah awal mula tugas dan tanggung jawab Effalah sebagai anggota DPRD OKU yang baru.

Sekda juga mengatakan jika Effalah harus segera berkoordinasi dengan anggota DPRD yang lain untuk mengoptimalkan pengabdiannya kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

Bupati juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Erlina Bahtiar atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat sebagai anggota DPRD OKU.

“Kami masyarakat OKU memberikan apresiasi kepada saudara Erlina atas dedikasinya selama ini. Semoga apa yang telah didedikasikan saudara Erlina selama ini menjadi ladang amal untuk saudara,”pungkas Tarmizi (fei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here