Iklan
Pemprov
Rapat kerja kunjungan spesifik komisi XI DRR RI bersama Bapenas di Provinsi Sumsel di Ballroom Hotel Aryaduta, Rabu (26/9).

Efek Asian Games, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Meningkat

Palembang, Detik Sumsel- Perhelatan Asian Games telah memberikan dampak postif bagi perekononian di Sumsel terutama dari bidang industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini terungkap dalam rapat kerja kunjungan spesifik komisi XI DRR RI bersama Bapenas di Provinsi Sumsel di Ballroom Hotel Aryaduta, Rabu (26/9).

“Berdasarkan paparan BI perwakilan Sumsel, pertumbuhan ekonomi Sumsel cukup menggembetikan selama Asian Games,” kata wakil ketua Komiai XI, Ir H Hafisz Tohir usai kunjungan.

Dikatakan politisi PAN ini, pertumbuhan ekonomi Sumsel rata-rata 6,1 persen sedangkan nasional 5,15 persen. Ada peningkatan sekitar 1,1 persen dan menunjunkan bahwa Asian Games berdampak langsung dengan perekonomian masyarakat Sumsel. “Artinya dapat menumbuhkan dan membangkitkan industri kecil dan menengah,”katanya.

Baca Juga :   Satu Warga Palembang Positif Terjangkit Virus Corona, Status Sumsel Naik Jadi Siaga

Menurut Hafisz, selama ini industri berbasis teknologi dan usaha besar saja, sehingga tidak menyentuh masyarakat kecil,  ada juga nilai tukar petani menurun terutama harga karet dan sawit yang turun.

“ini lain hal tidak berkaitan langsung dengan untuk mendongkrak harga ditingkat petani, karena Asian Games fokusnya untuk APBN, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan pertanian,” ungkapnya.

Pasca Asian Games Hafisz mengingatkan, venue di Jakabaring telah dihibahkan pemerintah pusat kepada pemprov Sumsel, untuk itu harus dirawat dengan baik sehingga tidak terbengkalai.

Baca Juga :   Satgas TMMD Kodim Karanganyar Rasakan Perjuangan Petani

“Venue-venue ini diharapkan bermanfaat untuk menciptakan lahirnya atlit-atlit profesional, dan yang paling penting juga  menjadi salah satu destinasi wisata untuk mengaet wisatawan,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Pemprov Sumsel, Nasrun Umar dalam paparannya bahwa setelah Asian Games akan kembali dibangun infrastruktur di Sumsel, selain itu juga SMB II akan dikembangkan lagi. ”Infrastruktur sudah sangat memadai, jalan tol, jembatan dan lainnya sudah sangat menunjang bagi perekonomian kedepan,” pungkasnya. (Buy)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

SMSI Dukung Program OBRAS Virtual Dirnarkoba Polda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Selatan Menghadiri undangan Direktur Narkoba Polda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *