Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Maulid Nabi Muhammad SAW
Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Duta Literasi Sumsel Percha saat memotivasi ribuan murid SMA sederajat di Lahat dalam rangkaian kegiatan Sumsel Membaca, Selasa (15/1).

Duta Literasi Sumsel Semangati Ribuan Murid SMA di Lahat

Lahat, Detik Sumsel- Spektakuler! Safari perdana Sumsel Mambaca Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leampuri B Bus MBA di Kabupaten Lahat, banjir peserta. Acara yang digelar di GOR Bukit Telunjuk Kabupaten Lahat, Selasa (15/1) itu, dihadiri sekitar 5.000 siswa SMA/SMK se Kabupaten Lahat.

Kedatangan sosok Percha Leanpuri sebagai Duta Literasi Sumsel, mampu menarik perhatian siswa SMA/SMK se Kabupaten Lahat. Kehadiran ribuan siswa ini sebagai bukti, minat generasi penerus Kabupaten Lahat terhadap literasi begitu tinggi. Tidak hanya memperoleh wawasan akan literasi, peserta Sumsel Membaca juga membawa berbagai hadiah menarik, berupa tropi dan uang pembinaan.

Bahkan, Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan doorprize kepada peserta Sumsel Membaca, berupa lima unit sepeda. Sejak dikukuhkan sebagai Duta Literasi, 27 November 2018 lalu, Percha mulai konsen dengan literasi Sumsel. Apalagi Pemprov Sumsel sangat konsisten dengan kegiatan literasi. “Karena dengan tingginya, gemarnya masyarakat Sumsel untuk menggiatkan literasi, akan menjadi tolak ukur pembangunan Sumsel kedepan,” tegas Percha, didepan ribuan siswa SMA/SMK se Kabupaten Lahat.

Baca Juga :   Berawal dari Hobi, Bonsai Suyanto Sempat Ditawar 2000 Dolar

Literasi bukan sekedar membaca, juga mendengar, menulis dan menyampaikan bagian literasi. Jadi literasi itu sangat komplek. Untuk memiliki pengetahuan luas tentang dunia, makanya harus banyak baca.

Dalam safarinya, yang dikemas dalam berbagai permainan bersama siswa, Percha mengakui, tugasnya sebagai Duta Literasi sangat berat. Karena harus mengenalkan literasi di Sumsel. Apalagi Program Gubernur Sumsel, H Herman Deru, akan menyediakan taman baca. “Satu desa satu taman baca,” kata Percha.

Percha menyadari, berkat kemampuan literasi yang dimilikinya, diusia 21 tahun dirinya sudah dipercaya masyarakat Sumsel untuk duduk sebagai anggota DPD RI dua priode (2009 dan 2014). Sehingga literasi sangat menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Baca Juga :   Anggota Buser Polsek IB I Ditusuk Pemalak di Simpang Macan Lindungan

“Mudah-mudahan program taman baca dapat didukung masyarkat, agar dapat memperbaiki SDM. Ayo kita gemar membaca, gemar menulis, pada intinya memperkaya ilmu pengetahuan,” ajak Percha.

Penjabat Sekda Lahat, Drs H Masroni menyatakan, tidak bisa mengabaikan perpustakaan. Saat dirinya menjabat Kepala Perpustakaan Daerah Lahat, perna melakukan penelitian, di salah satu sekolah di Kota Lahat. Alhasil, persentase siswa sering keperpustakan, merupakan persentase siswa yang masuk Perguruan Tinggi. “Sekolah yang perpustakaan kurang memadai, mutuh sekolah pasti kurang. Kalau perpustakaan bagus, Insha Allah sekolah bagus. Itu kuncinya,” tegas Masroni, mewakili Bupati Lahat, Cik Ujang SH. (Ril/tet)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Deby

Avatar

Check Also

Melihat Kemegahan Masjid Abdul Kadim Desa Epil Muba

Impor Marmer dari Italia Hingga Miliki Duplikat Broken Chair Jenewa Sekayu, Detik Sumsel- Berdiri megah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda