Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Netizen Duta Baca Muba Bakar Semangat Peserta Lomba Mading

Duta Baca Muba Bakar Semangat Peserta Lomba Mading

Tanggal : Pukul :
1338
0
Istimewa

Sekayu, Detik Sumsel – Rojaki MPd, Duta Baca Kabupaten Muba terus menggiatkan semangat berliterasi di sela-sela penjurian lomba mading di SMPN 6 Unggul Sekayu.

“Sebuah kehormatan tentunya diberikan kepercayaan sebagai juri dalam ajang “Spenus Exhibition 2018″ di SMPN 6 Unggul Sekayu yg merupakan Sekolah Rujukan Nasional pertama di Kabupaten Musi Banyuasin,” ujarnya.

Saat ini memasuki tahun ketiga sekolah ini menyandang status sekolah rujukan nasional.

Kegiatan yang berlangsung sangat meriah dan semarak ini terlihat dari antusias peserta dari berbagai sekolah. Peserta lomba yang mengikuti kegiatan ini pun mulai dari jenjang  SD, SMP hingga SMA Se-Kabupaten Musi Banyuasin.

Sebagai guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMAN  2 Unggul Sekayu sekaligus menyandang status sebagai Duta Baca Muba di bawah naungan Managemen Duta Baca Dinas Perpustakakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, tentunya sangat mengapresiasi serta mendukung program kerja SMPN 6 Unggul Sekayu yang rutin dilaksanakan yang bertujuan meningkatkan kreatifitas siswa ini.

Di sela perlombaan, Rojaki memberikan semangat untuk terus berkarya, berinovasi dan tak lupa juga harus gemar membaca kepada peserta lomba.

“Lomba Mading ini keren lho, terlebih kontennya dr hasil membaca. Membaca itu  juga keren, bukan hanya kita bertambah wawasannya, tetapi juga setiap hari kita memberi nutrisi otak kita dengan kegiatan membaca. Jadi, gak ada ruginya, malah untung banyak dengan kita meluangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk membaca,” ujarnya.

Bertemu juga dengan Duta Baca Spenus 2018, Nadhiya Suciati,  yang juga sebagai peserta lomba 3R. Sambil membuat karya dijelaskannya, sebagai duta baca sekolah, tentunya Nadhira harus bisa menjadi teladan bagi teman temannya untuk gemar membaca.

Selain itu, sosok duta baca pun harus siap meluangkan waktunya untuk menjadi tim promosi Gerakan  Muba Mebaca dan PADI (Pustaka Digital) yang telah diluncurkan DPK Muba sehingga anak-anak Muba cerdas dan smart seperti Nadhiya.

Setelah penjurian mading, Duta Baca Muba menyambangi galeri seni karya siswa-siswa SMPN 6 Unggul Sekayu di lantai 1.

“Luar biasa karya siswa. Ini tentunya patut dan diapresiasi dan diusulkan untuk dijadikan sebuah Majalah Seni yg bisa dijadikan ajang promosi ke masyarakat luas.Tidak hanya melihat, tapi juga menyemangati siswa untuk terus berkarya. Kemudian dilanjutkan berswafoto bersama. Pada prinsipnya saya sebagai Duta Baca Muba siap menjadi kurator dan penjembatan pada pihak penerbit,” ungkapnya.

Salut dan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala Sekolah, Nazarul MPd dan seluruh dewan guru, siswa-siswa Spenus yang sudah berkerja debgan optimal sehingga acara berjalan dengan sukses dan lancar.  Program atau kegiatan seperti ini tentunya sangat bernilai positif karena bertujuan sebagai penguatan pendidikan karakter  mengasah kemampuan ekskul siswa. (Netizen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here