Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Refleksi Dukcapil Go Digital: Satu Terobosan dalam Menjamin Hak Dasar Kependudukan

Dukcapil Go Digital: Satu Terobosan dalam Menjamin Hak Dasar Kependudukan

Tanggal : Pukul :
1198
0
Dukcapil Go Digital: Satu Terobosan dalam Menjamin Hak Dasar Kependudukan
Oleh: Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. Ahli Teknologi Informasi, Universitas Bina Darma

Kependudukan merupakan suatu sistem data penduduk yang berisikan ragam data ataupun informasi tentang jumlah, struktur, umur, jenis kelamin, agama, kelahiran, perkawinan, kehamillan, kematian, pesebaran penduduk, mobilitas, dan kualitas serta ketahanan kependudukan. Kependudukan juga memuat segala informasi yang berkaitan dengan politik, ekonomi, sosial, serta budaya. Oleh sebab itu, keberadaan data kependudukan menjadi sangat penting dalam menentukan dasar kebijakan pembangunan suatu negara, sebab data kependudukan menjadi salah satu dasar atau acuan yang digunakan oleh pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan serta peningkatan kesejahteraan rakyatnya.


Mengingat hal tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan suatu terobosan kebijakan tentang tata kelola data kependudukan di Indonesia. Terobosan tersebut dituangkan ke dalam “Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.” Melalui peraturan tersebut, pemerintah berharap dapat menciptakan dan mengintegrasikan satu tatanan sistem kependudukan yang efektif dan efisien, yakni adanya Sistem Basis Data Kependudukan Indonesia yang saling terintegrasi dalam satu tatanan sistem kependudukan.

Baca Juga :   Partisipasi Masyarakat dalam Program Dana Desa di Daerah Tertinggal

Langkah Menuju Sistem Pelayanan Data Kependudukan Secara Daring

Guna mencapai tujuan yang telah digariskan dalam PERMENDAGRI No. 7 Tahun 2019, terdapat serangkaian langkah yang telah diambil oleh pemerintah. Dalam satu kesempatan Focus Group Discussion (FGD) tentang “Kualiatas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan” yang diadakan dalam rangkaian Festival Pemuda 2020 di Palembang, Ahli Teknologi Informasi Universitas Bina Darma, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. menjelaskan bahwa pemerintah telah mengambil langkah strategis dalam mewujudkan satu tatanan data kependudukan yang efektif dan efisien, sepertinya adanya konversi data kependudukan dari sistem konvensional menuju sistem data kependudukan digital.

Dr. Edi Surya Negara, M. Kom. menjelaskan bahwa keberadaan Informasi dan Teknologi menjadi satu pilar atau dasar yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam menciptakan dan mengembangkan pelayanan data kependudukan secara daring. Dalam hal ini, penerapan teknologi dan informasi diperlukan untuk menjamin kefektifan dan keamanan konversi digital data kependudukan. Selain itu, teknologi dan informasi juga diperlukan dalam menciptakan produk kependudukan yang berbasis digital, seperti adanya aplikasi Dukcapil Go Digital dan produk E-KTP, serta produk-produk kependudukan lainnya yang telah terintegrasi dalam tatanan sitem kependudukan secara daring.

Baca Juga :   Ramadhan Disambut Pengantin Baru

Urgensi Sistem Pelayanan Data Kependudukan Secara Daring  

Pada dasarnya, keberadaan Sistem Pelayanan Kependudukan Secara Daring dijadikan sebagai acuan dalam menentukan kebijkan pembangunan pemerintah secara efektif dan efisien. Melalui langkah strategis ini, pemerintah dapat memetakan serta memberikan penguaatan terhadap pembangunan di Indonesia, khususnya bidang kependudukan. Selain itu, sitem kependudukan secara daring menjadi langkah efektif dan efisien dalam hak dasar atas penduduk, yang terwujud dalam dokumen, dan selanjutnya dipergunakan untuk pelayanan publik lainnya, baik dari data kependudukan maupun dokumen kependudukan dengan tujuan untuk kesejahteraan penduduk. Dengan adanya sitem informasi yang terintegrasi, maka seluruh data kependudukan yang ada di kabupaten/kota di Indonesia menjadi satu Basis Data.


Penulis : *Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. Ahli Teknologi Informasi, Universitas Bina Darma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here