Pemerintah Sumatera Selatan
ACT GLOBAL QURBAN
Beranda Kriminal Dua Pelaku Perampokan Fuso Muatan Susu Ditembak

Dua Pelaku Perampokan Fuso Muatan Susu Ditembak

Tanggal : Pukul :
513
0
Dua Pelaku Perampokan Fuso Muatan Susu Ditembak

Palembang, Detik Sumsel — Dua dari empat pelaku perampokan sopir Fuso bermuatan 4400 dus susu kemasan milik PT Indolako diringkus anggota Unit IV Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel pimpinan Kompol Zainuri.

Dua pelakunya adalah Mujarianto (41) dan Eyas (35) keduanya diringkus di kediamannya masing-masing provinsi Lampung Minggu (10/5) polisi juga melumpuhkan kaki kedua pelaku karena melawan saat dilakukan penangkapan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel Kombes Pol Hisar Siallagan melalui Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi SIK MH didampingi Kanit IV Kompol Zainuri mengatakan jumlah pelaku perampokan sopir Fuso bermuatan susu berjumlah empat orang dua berhasil diringkus.

“Empat orang pelaku melakukan perampokan terhadap M Ali sopir Fuso bermuatan susu dari Jawa Barat tujuan Lubuk Linggau pada 28 April 2020 lalu. Korban dirampok di kawasan Sugi Waras Babat Toman setelah mobil dicegat tersangka dipinggir jalan,”ujarnya saat pres rilis tersangka dan barang bukti di Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Senin (11/5).

Keempat pelaku membuntuti Fuso yang dikendarai korban mulai dari Lampung keempat pelaku mengendarai mobil Avanza. Salah satu pelaku yang mantan sopir dan kenal dengan korban sehingga mengetahui arah perjalanan korban.

Baca Juga :   Kedapatan Curi HP, Pemulung Ini Bonyok Dihajar Warga

“Saat dirampok sopir dan kernetnya ditodong, dikeroyok tangannya diikat matanya dilakban oleh pelaku setelah itu pelaku mengambil alih mobil korban beserta muatannya sedangkan korban dibuang diwilayah Empat Lawang,”bebernya.

Dari kejadian ini, korban melapor ke Polsek Barat Toman dan diambil alih oleh Jatanras. Dari hasil penyelidikan anggota pelakunya terlacak diwilayah Lampung sehingga anggota pun melakukan pengejaran untuk menangkap pelaku.

“Dua pelaku berhasil ditangkap anggota pun memberikan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan kaki kedua tersangka karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap,”jelasnya.

Dikatakan Suryadi, dari barang bukti 4400 kotak susu senilai 400 juta yang dirampok pelaku polisi berhasil menyelamatkan barang bukti sekitar 70 persen.

“Dua pelaku yang ditangkap ini merupakan pelaku utama yang merencanakan aksi dan yang melakukan penyiksaan dan mengikat korban dengan tali. Dua pelaku yang masih DPO dan identitasnya sudah dikantongi masih dalam pengejaran,”tandasnya.

Tersangka Mujarianto mengaku ia bersama tiga temannya dari Lampung datang ke Sumsel memang sengaja untuk merampok. Mereka menggunakan mobil rental jenis Avanza membuntuti mobil korban sejak dari Lampung.

Baca Juga :   Simpan Sajam Untuk Incar Wanita, Riky dan Rul Masuk Penjara

“Mobil tersebut memang sudah dipersiap mobil Avanza BE 8116 PU disewa dari Lampung untuk membuntuti mobil korban. Kalau saya hanya menjadi sopir saja,”ujar
warga Branti Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Setelah mengikuti mobil yang dikendarai korban dari Indralaya sampai di lokasi kejadian, para tersangka mulai menghadang korban mengancam menggunakan senjata api. Lalu korban dimasukkan kedalam mobil dengan kondisi mata di lakban lalu dibuang ke hutan.

“Setelah membuang korban mobil trukĀ  langsung di bawak Muji untuk jual beserta muatan susunya. Hasil penjualan 36 juta saya dapat bagian delapan juta,”bebernya.

Sementara pengakuan Eyas , bahwa ia bagian menjual susu tersebut masih di Gasing kabupaten, Banyuasin. Susu tersebut ada 4400 dusan setelah di beli oleh salah satu toko ditawar Rp 91 juta rupiah.

“Susunya laku tapi orang yang membeli tersebut bayarnya tidak sekaligus nyicil, baru bayar pertama Rp 36 juta sisanya nanti. Kemudian uang tersebut dibagi berempat,” ungkapnya resedivis ini saat ditemui di ruang Unit 4 Subdit Jatanras.(oji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here