Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru

Dua Mahasiswa Ini Ciptakan Alat Hitung Cepat bagi Siswa SD

Palembang, Detik Sumsel – Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah menciptakan alat hitung yang mempermudah siswa SD menyelesaikan permasalahan dalam Matematika. Alat hitung ini dapat digunakan untuk menghitung bilangan bulat dan memahami unsur-unsur lingkaran.

Kedua mahasiswa ini, yakni Dody Arlandy dan Indah Rohmatulloh menciptakan alat peraga matematika yang mereka namai Bilgat Blukan (Mobil Hitung Bilangan Bulat dan Bianglala Unsur-Unsur Lingkaran).

Di tangan kreatif dua mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika ini, Bilgat tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan bekas.

Baca Juga :   Awal Oktober Harga Handphone dan Laptop Naik

Dody Arlandy mengaku sempat kewalahan saat proses pembuatan, mengingat sulitnya bagian merakit susunan lampu supaya bisa menyala sedemikian rupa.

“Tapi itu tidak menjadi alasan bagi kami untuk menyerah, kami terus semangat dan berusaha, Alhamdulillah alat peraga yang dibuat menggunakan bahan seperti, triplek, cat, saklar, lampu, dan lampu ini bisa tercipta,” katanya, Rabu (24/4).

Sementara itu, Indah Rohmatulloh mengatakan, keduanya sangat termotivasi menciptakan alat ini karena karena masih banyak anak SD yang masih susah menghitung bilangan bulat dan unsur-unsur lingkaran.

Baca Juga :   AJI Palembang Sesalkan Arogansi Walpri Gubernur Terhadap Jurnalis

“Dengan adanya alat ini Insya Allah siswa bisa menghitung bilangan bulat. Kalau tambah maju, kalo dikurang mundur,” tandasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Bara Revolusioner

Avatar

Check Also

Edhy Prabowo Ditangkap KPK di Bandara Soetta, Usai Pulang Lawatan dari Amerika

Jakarta, Detik Sumsel- Komisi Pemberantasan Korupsi disebut menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda