Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Dua Dusun di Lahat Hingga Kini Belum Dialiri Listrik

Dua Dusun di Lahat Hingga Kini Belum Dialiri Listrik

Tanggal : Pukul :
855
0
Warga di Desa Talang Tinggi menunjukkan alat pengahantar listrik untuk desa. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Target PT PLN (Persero) tahun 2020 seluruh desa di Sumsel 100 persen teraliri listrik, rupanya tidak terlalu memberikan angin segar pada sejumlah masyarakat di Kabupaten Lahat. Pasalnya Janji janji itu sudah lama terdengar. Namun buktinya, masih ada warga Lahat yang belum menikmati terangnya cahaya listrik dari PT PLN.

Dari pantauan media ini, setidaknya ada dua dusun di Kecamatan Muara Payang, Lahat, warganya masih berjuang untuk mendapatkan cahaya saat malam hari. Diantaranya Dusun Talang Buluh, Talang Tebat Jangkap, Desa Talang Tinggi. Dan Dusun Siring Panjang, Desa Muara Jauh.

Untuk menerangi malam, puluhan Kepala Keluarga dua desa tersebut terpaksa mengandalkan listrik berasal dari kincir air, dan tenaga tata surya. Dimana besaran daya listrik yang berhasil ditampung, tergantung dari musim dan cuaca.

“Ada lebih dari 80 KK, dan satu Sekolah Dasar. Dulu katanya diakhir 2018 bakal dialiri listrik, tapi tidak jadi. Belum tahu kapan listrik masuk kampung kami, padahal tiang pancang sudah terpasang semua,” ujar Riki, Kadus Talang Buluh, Kamis (14/11).

Hal serupa juga dirasakan oleh Man (42), warga Dusun Talang Siring Panjang, Desa Muara Jauh. Man mengatakan, sejak zaman kemerdekaan warga di desanya belum juga menikmati listrik dari PLN. Anak-anak di desa terpaksa kesusahan, jika harus belajar saat malam hari.

“Padahal sudah dekat dengan kecamatan, tapi listrik belum juga ada. Sudah sering disampaikan, bahkan ditinjau. Namun hingga saat ini listrik tidak kunjung dipasang. Sampai kapan kami harus menunggu, janji-janji itu,” ujar Man. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here