Detik

DPRD OI Kunker ke Lampung Selatan

Lampung Selatan, Detik Sumsel– Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ogan Ilir melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka studi banding persiapan pembahasan pertanggungjawaban APBD TA 2018 dan Hasil Penetapan KPU tentang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislasi di ruang rapat Komisi C DPRD Lampung, Selasa (28/5).

Menurut Ketua Komisi III, Afrizal, Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2019 tentang Pemerintahan Daerah.

“Pada pasal 320 ayat (1) kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan rancangan tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir,” katanya.

Baca Juga :   Siapkan Anggaran Rp 70 Miliar, Persoalan Listrik dan Jalan di Lalan Tuntas

Ia menambahkan pada ayat (4), rencana Perda tentang penanggung jawaban pelaksanaan APBD sebagai mana dimaksud pada ayat (1) dibahas kepala daerah bersama DPRD untuk mendapat persetujuan bersama.

“Persetujuan rencana Perda sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dilakukan paling lambat 7 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” terangnya.

Menurutnya sebagai referensi untuk melakukan pembahasan terhadap rancangan Perda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018.

“Maka yang menjadi pedoman DPRD dalam pembahasan dimaksud adalah hasil pemeriksaan LHP BPK dan catatan penyempurnaan hasil evaluasi gubernur terhadap rancangan APBD tahun anggaran 2018 yang telah dibahas dan disepakati antara badan anggaran DPRD dengan tim banggar pemerintah daerah,” pungkasnya. (AL)

Baca Juga :   Tubuh Junaidi Sempat Terpental dan Tewas Tertabrak Truk
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Jamaluddin

Avatar

Check Also

Diupah Uang Rp 30Ribu dan Rokok Satu Bungkus, Pembagi Kartu Tranformasi Pertanian Dipanggil Bawaslu OI

Indralaya, Detik Sumsel- Sambil membawa surat pemanggilan dan wajah penuh kekhawatiran,  Irham(32) datang ke kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *