Iklan

Detik
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH terima keputusan rekomendasi LKPJ tahun anggaran 2020. Foto Heru/DS.

DPRD Lahat Temukan 3 Sektor Retribusi Butuh Perhatian

Lahat, Detik Sumsel – DPRD Kabupaten Lahat dalam agenda sidang paripurna VI masa persidangan ke dua tahun 2021, berikan sejumlah rekomendasi terhadap dokumen LKPJ Bupati Lahat tahun anggaran 2020. Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi ST selaku pimpinan sidang mengatakan, usai meneliti, mempelajari dan membahas LKPJ yang disampaikan Bupati Lahat, atas nama lembaga dan mewakili masyarakat, rekomendasi yang disampaikan bisa jadi pedoman dalam kebijakan publik.

“Selain jadi pedoman, juga diimplementasikan ke dalam kebijakan publik yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat,” kata Fitrizal, disela memimpin sidang paripurna di Gedung DPRD Lahat, Senin (19/4).

Sementara, Lion Faizal SE MM selaku juru bicara pembacaan rekomendasi menerangkan, hasil rekomendasi dari sektor penerimaan pajak pada tahun depan target penerimaan pajak lebih ditingkatkan. Karena pada tahun 2020 sektor pajak sudah melampaui target pencapaian diangka 134 persen.

Baca Juga :   Gebyar Bulan Dirgantara, Danlanud SMH Goyang Bareng Zaskia Gotik

Sedangkan untuk retribusi ada tiga sektor yang butuh perhatian khusus, diantaranya retribusi rekreasi yang baru diangka 31,8 persen, retribusi tempat olahraga baru 35 persen, terakhir retribusi penyewaan tanah dan bangunan hanya diangka 21,6 persen.

“Untuk retribusi objek wisata, Dinas Pariwisata Lahat harus punya strategi baru baik dalam pengembangan dan promosi. Diharapkan menyusun strategi pengembangan destinasi wisata daerah, dengan memanfaatkan yang ada, seperi air terjun dan megalit,” terang Lion.

Lion menambahkan, DPRD juga menilai, tahun 2020 lalu ada ketidak singkronan di Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat. Laporan tahun 2020 anggaran yang masuk sebesar Rp 449 miliar 960 juta, sedangkan yang terealisasi mencapi Rp 451 miliar 291 juta, yang artinya ada kenaikan 1,24 persen atau dianggap SiLPA sekitar Rp 5 miliar. Untuk sektor pertambangan, DPRD Lahat meminta Bupati Lahat mengusul kepada Gubernur Sumsel, mengeluarkan uang jaminan revatalisasi perusahan batu bara di lahat.

Baca Juga :   Tim SAR Gabungan Akhirnya Temukan Jasad Jihan Anggara

“Realisasi harus sama dengan buku laporan Bupati. Kami meminta Pemkab Lahat bisa memperbaiki lingkungan disekitar daerah pertambangan itu. Karena sebelum tambang dibuka, pihak perusahaan sudah menyetorkan uang jaminan revatalisasi,”jelasnya.

Disisi lain, Bupati Lahat Cik Ujang SH menuturkan, saat ini hubungan kemitraan antara DPRD Kabupaten Lahat dengan Pemkab Lahat terus berjalan harmonis. Uang jaminan itu pasti ada, tapi tidak bisa dugunkaan sebelum ada perusahaan tambang yang mengajukan reklamasi.

“Terima kasih DPRD Lahat, laporan LKPJ tahun anggaran 2020 sudah selesai. Kedepan kami akan berusaha lebih baik lagi, untuk kesejahteraan pembangunan masyarakat Kabupaten Lahat,” tuturnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Zona Kuning, Objek Wisata Pagaralam Ditutup

Pagaralam, Detik Sumsel- Sebagai salah satu kawasan dengan objek wisata yang beragam, Kota Pagaralam merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *