Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah DPO Kasus Curas di OKU Ditangkap di Lampung

DPO Kasus Curas di OKU Ditangkap di Lampung

Tanggal : Pukul :
493
0
Tersangka saat diamankan di Mapolres OKU

Baturaja, Detik Sumsel — Setelah buron selama 6 tahun petualangan Alwi (30) DPO pelaku Curas Polres OKU akhirnya terhenti setelah berhasil diamankan Polisi.

Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Reskrim Polres OKU AKP Alex Andrian S.Kom melalui pesan WhatsApp nya mengatakan, pelaku berhasil diamankan di Way Kanan pada hari Senin lalu (3/6) sekitar pukul 22.00 wib.

Setelah Polres OKU berkoordinasi dengan Polres Way Kanan. “Selanjut saya bersama Kanit Pidum Aipda Karbianto dan Anghita Resmob menjemput pelaku di Polres Way Kanan,” Katanya.

Alwi yang tercatat sebagai warga Desa Sido Mulyo Kecamatan Belitang I Kabupaten OKU Timur ini merupakan komplotan perampok sadis yang dalam setiap aksinya selalu membawa senjata api dan tak segan menghabisi nyawa korbannya.

“Perampok sadis ini, karena waktu itu saat beraksi pelaku menghadang dan langsung menembaki korban,”tuturnya.

Aksi kejahatan yang dilakukan oleh Alwi Cs terjadi pada 24 Juli 2013 sekitar pukul 18.20 wib, pada saat itu diceritakan Kasat, Polres OKU membentuk Timsus gabungan untuk memberantas aksi kriminalitas di wilayah hukum Polres OKU.

Timsus saat itu melakukan penyamaran dengan membawa 1 unit mobil truck colt Diesel warna kuning dg Nopol BG 8981 BS yang membawa uang hasil dari penjualan getah karet dan sewaktu melintas di Desa Kepayang Kabupaten mobil anggota diikuti oleh 6 tersangka yang mengendarai 3 unit sepeda motor.

Pada saat di Desa Mandala salah satu pelakuĀ  langsung menyalip dan menghentikan mobil, kemudian pelaku lainnya yang dibonceng mengeluarkan senjata api dan langsung menembak ke arah kaca mobil tersebut.

“Melihat ancaman tersebut kemudian Timsus gabungan langsung mengeluarkan tembakan dan terjadilah baku tembak dengan ke dua pelaku tersebut, kedua pelaku melarikan diri kedalam hutan sedangkan pelaku lainya melarikan diri kearah Lubuk Batang dan Sinar Peninjauan,”jelasnya.

Kemudian Timsus melakukan penyisiran didalam hutan dan menemukan salah satu pelaku Ihsan Bin Jaunuri sudah meninggal dunia. “Salah satu rekan tersangka Sukirno sudah ditangkap dan menjalani hukuman, sedangkan 3 lainnya yakni SK, FN dan DB masuk dalam DPO Polres OKU,” Tukasnya.

Saat ini tersangka Alwi sudah di Mapolres OKU untuk proses penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut. “Saat ini sedang kita dalami apakah ada keterlibatan tersangka dengan perkara lainnya,” Tandasnya. (fei)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here