Detik
Penyerahan bantuan BNI kepada para petani di Banyuasin.(Istimewa)

Dorong Banyuasin Jadi Lumbung Pangan Nasional, BNI Salurkan KUR pada Petani

Palembang, Detik Sumsel – Dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) fokus mendorong kesejahteraan para petani.

Langkah ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Ketahanan Pangan Nasional dalam memasuki era adaptasi kebiasaan baru.

Untuk mewujudkan kesejahteraan petani tersebut, BNI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani kepada para petani di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin, Askolani mengatakan berterimakasih kepada BNI yang memiliki semangat luar biasa dalam menyalurkan modal kerja khususnya KUR petani dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dia mengatakan sektor pertanian saat pandemi Covid-19 merupakan salah satu sektor yang memiliki pertumbuhan positif jika dibanding sektor lainnya. Apalagi Banyuasin adalah kabupaten yang menghasilkan gabah terbesar ke-4 se Indonesia.

“Adanya bantuan tambahan modal kredit usaha rakyat dari BNI, semoga dapat menambah semangat para petani dan semoga kabupaten Banyuasin khususnya Desa Air Salek bisa menjadi Nomor 1 untuk memenuhi kebutuhan pangan bidang Pertanian di Indonesia,” ujar Askolani saat penyerahan simbolis KUR Tani dari BNI kepada kelompok Tani di Desa Srikaton, Desa Saleh Mulya dan Desa Saleh Agung, Senin (19/10).

Baca Juga :   Tiap Hari Bagi-bagi Voucer Rp. 1 Juta

Sementara itu Pemimpin Bisnis Banking BNI Wilayah Palembang Nugroho Windria Yudi Antono mengakan, penyaluran KUR kepada masyarakat dalam rangka mendorong perekonomian Indonesia.

BNI tiga tahun terakhir telah menyalurkan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) Tani di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuasin sebesar Rp 32,7 Milyar.

Anton mengatakan, Januari 2020 BNI Kantor Wilayah Palembang telah menandatangani perjanjian kerjasama hortikultura kabupaten Banyuasin tentang penyaluran KUR program budidaya padi serta pengadaan alat dan mesin pertanian.

Adapun realisasi penyaluran KUR pada tahun 2020 bidang pertanian di Kabupaten Banyuasin antara lain berupa Pembiayaan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) sebesar Rp 12,5 Milyar dan Pembiayaan KUR Tani sebesar Rp 9,1 Milyar (termasuk penyaluran KUR Tani di Desa Srikaton, Desa Saleh Agung dan Desa Saleh Mulya yang telah terealisasi sebesar Rp 3,1 Milyar pada bulan Oktober 2020 ini.

Baca Juga :   Mercedes-Benz Hadirkan New GLC 200 AMG Night Edition

Ditambahkanya, Khusus Provinsi Sumatera Selatan, KUR sektor pertanian yang telah disalurkan oleh BNI mencapai Rp.30,2 miliar kepada 357 petani, sedangkan BNI Wilayah Palembang telah menyalurkan sebesar Rp.234,42 Milyar kepada 3.688 petani. Harapannya, BNI hadir sebagai solusi pembiayaan sektor pertanian dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional yang menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi.

“Sebagai Agent of Development, BNI turut menyukseskan program pemerintah dalam bidang pertanian. Salah satu bentuk dukungan kami ialah dengan membantu dan memastikan penyaluran KUR Tani kepada para petani telah sesuai,” tutupnya. (ril/May)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Luncurkan WOWLabs, Wadah Kokreasi Anak Muda

Palembang, Detik Sumsel – Untuk mendukung generasi muda terus berkreasi ditengah kondisi covid-19, Smartfren meluncurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *