Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Dolar Terus Melambung, Harga Sembako di Lahat Tetap Stabil

Dolar Terus Melambung, Harga Sembako di Lahat Tetap Stabil

Tanggal : Pukul :
357
0
Suasana aktifitas jual beli di pasar tradisional Kota Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Kepala Dinas Pedagangan Kabupaten Lahat, Drs Sukaca MM mengatakan hingga saat ini harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Lahat, masih tergolong stabil. Kendati melemahnya nilai tukar mata rupiah terhadap dolar, rupanya tidak berdampak pada aktivitas kebutuhan harga bahan pokok.

“Hanya barang impor dibidang industri yang naik. Untuk bahan pokok, tidak berdampak,” ujar Sukaca, Kamis (11/10).

Sukaca membeberkan, dari hasil pantauan hingga akhir September lalu bahkan ada yang mengalami penurunan harga. Seperti daging ayam broiler turun dari Rp 26 ribu per kg, jadi Rp 25 ribu. Minyak goreng sebelumnya Rp 11.759 per kg menjadi Rp 11.450. Kacang buncis dari Rp 12 ribu, jadi Rp 10 ribu.

“Bahan pokok kebutuhan masyarakat, kini malahan turun harga. Biasanya turun melihat dari jumlah stok barang yang ada,” bebernya didampingi Kabid Perdagangan, Hamzah Sivi Yusman SE MM.

Sementara, Tuti (58) salah satu pedagang di Pasar PTM Lahat menuturkan, sejak hebohnya naiknya harga dolar beberapa waktu lalu, tidak berdampak secara langsung terhadap jual beli di pasar tradisional. Seperti tahu dan tempe, harga jual tetap sama, hanya ukurannya saja yang sedikit berbeda.

“Tidak ada pembeli kita yang rewel soal naiknya dolar. Yang penting harga bahan pokok tidak ikut naik. Kalaupun harus naik, pemerintah harus memberikan solusi terbaik,” tutur Tuti. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here