Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Dodi : Camat Secepatnya Deteksi Dini Potensi Konflik

Dodi : Camat Secepatnya Deteksi Dini Potensi Konflik

Tanggal : Pukul :
419
0
ZERO KONFLIK : Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Dalam Rangka Antisipasi Permasalahan yang Akan Timbul Dalam Pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 untuk Mewujudkan Muba Zero Konflik, di Guest House Griya Serasan Sekate, Kamis (31/1). (Foto : Humas Pemkab Muba)

Sekayu, Detik Sumsel – Memasuki Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus berupaya menjaga kodisi keamanan wilayah dalam tetap aman dan Zero Konflik.

Bupati Muba Dodi Reza dihadapan peserta rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengungkapkan, bahwa Pemkab Muba bersama jajaran khususnya Camat, sebagai kepala wilayah. Berkomitmen untuk tetap mewaspadai dan mengantisipasi potensi konflik sejak dini.

“Saya sudah indtruksikan kepada seluruh Camat dalam wilayah Kabupaten Muba, untuk wajib ditempat selama Pemilu 2019. Selain itu, wajib berkoordinasi dengan Forkopicam untuk mengantisipasi potensi terjadinya konflik sosial pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres,” ungkap Bupati di Guest House Griya Serasan Sekate, Kamis (31/1)

Lanjutnya, sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa Camat diperintahkan pemerintah pusat untuk menjadi Ketua dari Forkopimcam di daerah masing-masing. “Sama halnya dengan Bupati yang merupakan Ketua Forkompimda, maka wajib juga camat-camat untuk bersinergi bersama orkopimcam, untuk terus gotong-royong menjaga keamanan di wilayah masing-masing,” terangnya.

Kepala Badan Intelijen Daerah (Binda) Sumsel, Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks MHan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dalam mengantisipasi dan mendeteksi potensi konflik sosial di wilayah Muba.

“Saya apresiasi upaya pak Bupati Dodi Reza yang sangat konsen menjaga keamanan di wilayah Muba terlebih jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 . Pak Bupati juga sangat intens dan bersinergi bersama Forkopimda untuk mewujudkan Muba zero konflik,” dan saya apresiasi sebesar besar bahwa penyelengaran kegiatan hari ini dibandingkan dengan beberapa daerah ini yang terbaik,  semua stakeholder lengkap hadir dan sangat serius menjaga daerah ini tetap kondusif menjelang pemilu tahun 2019 ulasnya.

Sementara itu, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti menyebutkan saat ini jajaran Polres Muba terus berkoordinasi dan melakukan deteksi dini potensi konflik sosial di wilayah Muba. “Personil sudah tersebar, dan jajaran Polres Muba juga terus berkoordinasi bersama Pemkab Muba dan Kodim untuk menjaga keamanan dan kedamaian jelang dan usai pelaksanaan pileg dan pilpres,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama Camat dan OPD terkait yang sangat pro aktif dalam menjaga kondusifitas di wilayah Muba. “Insya Allah meski di Muba ini ada titik rawan, tetapi dengan sikap pro aktif untuk menjaga kondusifitas akan membuat wilayah Muba bebas dari potensi konflik sosial,” harapnya. (edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here