Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal Dituntut 20 Tahun, Vonis 8 Bulan, Banding 8 Tahun, Narapidana ini kembali...

Dituntut 20 Tahun, Vonis 8 Bulan, Banding 8 Tahun, Narapidana ini kembali Tersandung Kasus Heroin

Tanggal : Pukul :
4245
0
Terpidana narkotika Tanwir kamal (Baju biru.red) saat diserahkan pihak rutan pakjo ke pihak kepolisian polda metro.ist

Palembang, Detik Sumsel,- Diduga kuat terlibat kembali dalam peredaran barang haram Narkotika, Tanwir Kamal Bin Kamal Ahmad (35) narapidana kasus narkotika yang mendekam di Rutan Klas 1 A Pakjo Palembang kembali harus berurusan dengan Hukum.
Itu terungkap, usai Tanwir dijemput langsung oleh Tim penyidik Direktorat reserse Narkoba Polda metro jaya pimpinan AKP Ardie Demastyo, beberapa waktu lalu.

Dari keterangan pihak kepolisian pada rutan bahwa adanya dugaan keterlibatan narapidana bernama Tanwir yang menghuni Rutan pakjo dan menjalani hukuman 8 tahun penjara.

Kepala Rutan Kelas I  A Palembang Mardan SH MH yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Ady Kusuma Wardana, melalui Humas, mengatakan narapidana tersebut dipinjam guna pengembangan penyidikan atas kasus tertangkapnya Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan bernama Sajid Hussain yang kedapatan membawa narkotika golongan I jenis Heroin seberat 5 gram pada Rabu, tanggal 11 Desember 2019 di Jl. Gunung Sahari Kel. Pademangan Barat Kec. Pademangan Jakarta Utara.

Dalam hasil BAP polisi, melalui tersangka Sajid Hussain didapat keterangan bahwa narkotika jenis Heroin tersebut diperoleh dari Tanwir Kamal,salah seorang narapidana di Rutan Kelas I Palembang. 

“Menindak lanjuti hal tersebut jajaraN kami langsung melakukan inspeksi ke kamar hunian, dari hasil pemeriksaan, disita 2 unit ponsel yang diduga milik narapidana atas nama Tanwir.”Jelas Adi, Sabtu.(14/12)

Selanjutnya dilakukan penandatangan Berita Acara Serah Terima Narapidana dan Barang Bukti dari pihak Rutan Kelas I Palembang kepada rombongan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan, guna kepentingan penyidikan lebih lanjut.

Diketahui, Tanwir Kamal sendiri di Pengadilan Negri klas 1 A khusus Palembang dalam persidangan dituntut oleh JPU Desi Arsean SH MH dan JPU Sigit Subiantoro SH MH dengan pidana penjara selama 20 tahun denda 1 milyard dan terbukti melanggar pidana dalam pasal 114 ayat (2) Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kemudian oleh majelis hakim diketuai paloko SH MH divonis
super ringan Hanya 8 bulan penjara dan dibuktikan hanya mengetahui namun tidak melapor dan melanggar pasal 131 uu narkotika,Sebelum akhirnya naik menjadi 8 tahun di tingkat Banding.(vot)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here