Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi memimpin pemusnahan barang bukti sabu dan ekstasi di gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel

Disaksikan Para Tersangka, Sabu Seberat 1,8 Kg dan 350 Butir Pil Ekstasi Diblender

Palembang, Detik Sumsel — Dengan disaksikan belasan tersangka, Ditresnarkoba Polda Sumsel Jumat (11/9) kembali memusnahkan barang bukti narkoba. Kali ini barang bukti yang dimusnahkan berupa 1.8 kg dan 350 butir pil ekstasi. Barang haram ini merupakan hasil ungkap kasus sepanjang Juli 2020.

Pemusnahan narkoba ini dengan cara di blender dan dicampur detergen agar tidak disalahgunakan lagi setelah dimusnahkan.

Dari beberapa barang bukti yang dimusnahkan ini disita dari tersangka Tiwarno alias Warno. Warga Desa Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten PALI, ditangkap dengan barang bukti 1 kg sabu saat di Desa Karang Agung Kecamatan Abab PALI, Sabtu (25/7/2020) pukul 04.00 Wib lalu.

Dihadapan polisi tersangka Tiwarno, mengaku sabu tersebut diperolehnya dari seseorang yang berada di Padang. Mereka sepakat bertemu di Prabumulih untuk mengambil serbuk haram tersebut setelah diambil rencananya barang akan distribusikan di wilayah Pali.

“Sabu itu berasal dari Padang. Kami berjanji untuk bertemu di Prabumulih disinilah sabu itu akan diambil. Upahnya kalau berhasil mengantar sabu ini Rp 10 juta. Aku keburu ditangkap padahal sabu belum sampai ketangan yang mesan,”ungkapnya.

Sabu dari Padang dibawa ke Sumsel melalui jalur darat dengan menggunakan mobil, sampai di Prabumulih sabu diambil dan akan dibawa ke Pali.

“Rencananya sudah sampe di Prabumulih sabu itu nak dibawa ke Pali dengan mobil travel Prabulih – Pali. Barang ditarok didalam mobil travel di bagian kursi belakang. Tapi belum sampai Pali sudah ditangkap, ” tuturnya.

Baca Juga :   Irjen Pol Firli Diganti Irjen Pol Priyo Sebagai Kapolda Sumsel

Selain tersangka Warno yang diamankan, tersangka lain yang diringkus adalah Abdul Rahmad dan Wahyu Saputra keduanya warga Dusun III Sukarami Kecamatan Sekayu Muba yang diamankan dengan barang bukti 109.38 gram sabu saat di Jalan Lubuk Linggau Desa Semangus Kecamatan Muara Lakitan Muba, Kamis (23/7/2020) pukul 23.53 Wib.

Ada pula, tersangka Ari Wijaya warga Dusun 1 Kelurahan Talang Ubi PALI yang ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 197, 92 gram saat berada di Dusun II Talang Ubi PALI, Minggu (26/7/2020) pukul 18.30 Wib.

Ada pula tersangka Darmawan alias Mawan warga Jalan DI Panjaitan Kelurahan Tangga Takat Kecamatan SU II Palembang dan Derry Irawan Jalan Kopral Urip Kelurahan Plaju Ilir Kecamatan Plaju Palembang. Kedua tersangka ini diamankan bersama barang bukti 250 butir ekstasi logo mahkota. Mereka ditangkap saat berada di Jalan DI Panjaitan Lorong Muawanah Kelurahan Plaju Ilir Kecamatan Plaju, Rabu (29/7/2020) pukul 13.30 Wib.

“Barang ini dari seseorang yang diminta untuk diberikan seseorang. Katanya, nanti kalau barangnya sudah sampai aku dibayar Rp 2 juta,” ungkap Darmawan.

Selain tersangka Darmawan, polisi juga menangkap Doan Apriansyah warga lorong Selita Kelurahan 7 Ulu Kecamatam SU 1 Palembang. Dari tersangka diamankan barang bukti sabu seberat 72,28 gram. Tersangka ditangkap saat di Jalan Mufakat V Lorong Panca Usaha Kelurahan 5 Ulu Kecamatan SU I Palembang, Senin (13/7/2020) pukul 23.41 Wib.

Baca Juga :   PKK Muba Perkenalkan Batik Gambo, Warisan Lokal ‘Rasa’ Dunia

Begitu pula dengan tersangka Yukoko alias Riko warga Jalan Taqwa Mata Merah Lorong Madya Kelurahan Sei Selincah Kecamatan Kalidoni Palembang, ditangkap bersama temannya Mamas Yitno warga Jalan Praja Gupta Kelurahan Sematang Borang dengan barang bukti 100 butir logo B. Keduanya ditangkap saat berada di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Pahlawan Kecamatan Pahlawan Palembang, Selasa (21/7/2020) pukul 10.30 Wib.

Terakhir, ditangkap tersangka Siswandi warga Dusun II Sungai Ceper OKI, Hendri Sulaiman warga Dusun I Kelurahan Alai Selatan Kecamatan Lembak Muaraenim, dan tersangka Erel Erlangga warga Jalan PSI Lautan Lorong Kedukan Kelurahan 35 Ilir IB II Palembang. Lima paket sabu 49,03 gram. Mereka ditangkap di Jalan Kampung Serang Kelurahan Suka Mulya Kecamatan Sematang Borang Palembang, Selasa (22/7/2020).

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi didampingi Direktur Resnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heru Istu Hariono menjelaskan, pemusnahan yang dilakukan ini merupakan hasil tangkapan di bulan Juli lalu. Dari penangkapan ini, setidaknya mengamankan barang bukti sebanyak 1.839,09 gram atau 1.8 kg sabu dan juga 350 butir pil ekstasi.

“Dari ungkap kasus ini, setidaknya ada 11.735 jiwa yang dapat diselamatkan dari bahaya narkoba. Dari sini, kami harapkan peran serta semuanya bukan hanya peran dari aparat penegak hukum saja. Masyarakat juga perlu berperan, karena peredaran narkoba di Sumsel ini sudah terbilang masif,” katanya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Rumah Darpa’i Ambruk Diterjang Angin

Baturaja, Detik Sumsel — Sebuah rumah panggung di RT 1 Dusun 2 Desa Pusar kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *