Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto.

Dinkes OKU Bagikan Obat Kaki Gajah Secara Gratis

Baturaja, Detik Sumsel — Sebanyak 333.076 warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ditargetkan menerima obat kaki gajah yang dibagikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU pada tahun 2018.

“Target pemberian obat kaki gajah untuk masyarakat OKU pada tahun ini jumlahnya mencapai 333.076 jiwa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto, Selasa (23/10).

Dia mengemukakan, pembagian obat pencegah penyakit kaki gajah tersebut dilakukan serentak selama satu bulan sejak 4 Oktober 2018 secara gratis untuk usia 2-70 tahun.

Baca Juga :   Begal Marak, Dewan Minta Polisi Perkuat Pengamanan

Masyarakat sesuai dengan kriteria usia penerima tersebut sudah dapat mengambil jatah obat pencegah kaki gajah di Puskesmas, Puskesdes dan Posyandu yang ada di setiap kecamatan di wilayah itu.

“Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) ini diresmikan sejak 4 Oktober di seluruh kecamatan untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat sesuai dengan usia tersebut,” ungkapnya.

Diakuinya, penyebaran obat kaki gajah pada tahun ini diyakini dapat mencapai target dibagikan kepada 333.076 jiwa penduduk Kabupaten OKU.

Bahkan kata dia, penyebarannya di kabupaten setempat pada 2015 hingga 2017 mencapai lebih dari 65 persen target nasional.

Baca Juga :   Bupati Askolani Menghimbau Perusahaan Tidak Melakukan PHK

“Pada 2015-2017 pemberian obat kaki gajah tembus 95 persen. Mudah-mudahan tahun ini dapat melebihi target sehingga masyarakat OKU dipastikan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cacing jenis filaria tersebut,” tegasnya.

Dia menjelaskan, penyakit kaki gajah ini disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk hingga terjadi pembengkakan luar biasa pada tubuh  khususnya bagian kaki. “Sejauh ini belum ada warga OKU yang mengalami gejala penyakit kaki gajah,” ujarnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Feriandi

Avatar

Check Also

Selamat, 352 Peserta Lulus CPNS Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Lahat Tahun 2019 yang dilaksanakan Tahun 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda