Iklan

Detik
Pemprov
Webinar Adaptasi Perbankan di masa New Normal, yang digelar Media Bisnis Indonesia, Rabu (26/8).

Diminta Bijak Keluarkan Strategi Bisnis dan Layanan Nasabah

Palembang, Detik Sumsel- Pandemi COVID-19 memaksa mengubah gaya hidup masyarakat sehingga juga mengubah pola dan starategi perbankan beradaptasi di era new normal.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo mengatakan, akibat dampak pandemi membuat penurunan kinerja kredit karena dari sisi konsumsi rumah tangga turun disebabkan aktivitas perbankan menjadi lebih terbatas apalagi saat pelaksanaan PSBB, penurunan kedatangan wisatawan dan juga pendapatan masyarakat.

“Aktivitas ekonomi turun, pemerintaan masyarakat juga turun yang juga diikuti ekspansi usaha turun sehingga resiko pengembalian kredit naik sehingga menyebabkan pemerintaan kredit turun, perbankan juga fokus pada proses restrukturisasi kredit dan penerapan prinsip kehati-hatian untuk menjaga kredit berkualitas,” ujar Hari disela Webinar Adaptasi Perbankan di masa New Normal, yang digelar Media Bisnis Indonesia, Rabu (26/8).

Baca Juga :   Pastikan Pasokan BBM Wilayah Sumbangsel Aman

Sementara itu, Dirut Bank Sumsel Babel (BSB) Achmad Syamsudin mengatakan upaya BSB beradaptasi di tengah pandemi dengan memberikan restrukstusi kredit bagi UMKM yang terdampak pandemi.

Dari sisi teknologi dan layanan nasabah digalakkan penggunaan layanan non tunai dengan meresmikan BSB QRIS belum lama ini sebagai bentuk dukungan untuk memudahkan masyarakat bertransaksi di tengah pandemi tanpa harus menggunakan uang tunai dan juga bisa bertransaksi dari mana saja dan dimana saja.

“Layanan perbankan konvensional atau datang langsung ke kantor cabang juga turun karena sudah memasuki era digital ditambah pandemi sehingga membuat layanan mobile dan digital mutlak dibutuhkan dan itu sudah diterapkan di BSB,” ujar Syamsudin.(tet)

Baca Juga :   OJK:Bank Syariah Harus Siap Bersaing Modal dan Teknologi

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

Bumbu dan Pempek Prozen Banyak Diminati Konsumen, Terutama luar Kota

Palembang, Detik Sumsel – Memenuhi keinginan konsumen yang berada diluar kota, sejak satu tahun terakhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *