Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Kriminal Digulingkan Dari Ketum, Budi Laporkan Koleganya ke Polisi

Digulingkan Dari Ketum, Budi Laporkan Koleganya ke Polisi

Tanggal : Pukul :
1770
1
Budi Oktarita (tengah) didampingi kuasa hukum nya menunjukkan bukti laporan dihadapan wartawan

Palembang, Detik Sumsel — Budi Oktarita (40) ketua koperasi karyawan salah satu pabrik semen milik negara ini didampingi kuasa hukumnya Muhammad Gustryan SH melaporkan M ARD dkk yang tak lain kolega nya sendiri ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumsel dalam perkara pencemaran nama baik dan perbuatan menyenangkan Kamis (30/5).

Dalam laporan nya dengan nomor : STTLPĀ  449 / V / 2019 / SPKT, Budi warga Jalan Gatra III, Blok B 20, Seduduk Putih, Kecamatan Ilir Timur III Palembang ini mengatakan dirinya sebagai ketua umum karyawan semen Baturaja yang sah berdasarkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2018 dan berdasarkan SK direksi Semen Baturaja dan dirinya telah diganti secara paksa pada 15 Mei 2019 oleh M ARD dkk dalam RAT disalah satu hotel di kota Palembang.

“Seharusnya dalam agenda RAT pada 15 Mei tidak ada agenda pergantian ketua umum. Di RAT ini hanya ada agenda pertanggungjawaban saya sebagai ketua umum, dimana secara aklamasi pertanggungjawaban saya diterima oleh anggota dan tidak ada masalah,”ujar Budi kepada wartawan usai membuat laporan.

Menurutnya, secara aturan pergantian ketua umum bila mana masa jabatan nya belum habis berdasarkan pasal 25 AD / ART koperasi untuk pergantian ketua umum apabila ketua umum yang lama bermasalah seperti korupsi, melakukan tindak pidana, merugikan koperasi dan baru bisa diganti.

“Di sini saya berdasarkan pasal 25 AD / ART koperasi saya tidak pernah melakukan tindakan korupsi, tindakan pidana lainnya ataupun merugikan koperasi. Jadi saya sampai sekarang tidak tahu alasan mereka memecat saya sebagai ketua umum.

“Namun berdasarkan informasi yang saya dapat alasan pemecatan saya dari perwakilan anggota koperasi, tapi saya tidak tahu anggota yang mana, inilah yang saya permasalahkan karena pergantian saya tidak sesuai dengan prosedur dan AD / ART yang ada,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam RAT pada waktu itu dirinya meminta M ARD dkk untuk melakukan pergantian ketua umum secara AD / ART yang ada namun M ARD dkk tetap melakukan pergantian ketua umum secara paksa.

“Secara resmi saya menjabat ketua umum setahun lebih dari tahun 2018, jabatan saya sebagai ketua umum yang sah adalah tiga tahun dan akan berakhir pada 2021 nanti dan jabatan saya ini sudah di SK kan secara resmi oleh direksi semen Baturaja,”bebernya.

Dirinya menegaskan pergantian dirinya yang dilakukan secara paksa oleh M ARD dkk tidak ada izinnya dari direksi semen Baturaja.

Dengan adanya laporan ini, kuasa hukum terlapor Muhammad Gustryan SH mengatakan selaku kuasa hukum dari terlapor Budi Oktarita, klien nya sebagai ketua umum yang sah berdasarkan RAT tahun 2018 akan tetap melakukan sanggahan apa yang telah dilakukan oleh Ketua umum tandingan M ARD dkk karena tidak sah.

“Untuk upaya stabilitas jalan nya organisasi koperasi sebagai mana mestinya, kami juga sudah melayangkan surat sanggahan kepada seluruh mitra koperasi agar tidak melakukan apa-apa yang diperbuat oleh Ketua umum tandingan. Baik transaksi – transaksi dan administrasi dalam bentuk apapun. Karena secara aturan klien kami masih ketua umum yang sah,”ujarnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak kepolisian untuk segera memproses laporan yang telah dibuat klien nya dengan melakukan penyelidikan.

“Dan berharap di koperasi karyawan semen Baturaja tidak terjadi dualisme kepemimpinan dan kami juga berharap kepada direksi pihak semen Baturaja tetap tegas dan konsisten apabila koperasi mau berjalan dan koperasi ini juga bagian dari aset untuk membangun dan mensupport semen Baturaja kedepannya,”tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi membenarkan adanya laporan terlapor dalam perkara pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan. “Laporan terlapor sudah kami terima dan akan segera dilakukan penyelidikan,”singkatnya.(oji)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here