Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Digelar di BKB, Penukaran Uang Dilaksanakan Dua Tahap

Digelar di BKB, Penukaran Uang Dilaksanakan Dua Tahap

Tanggal : Pukul :
200
0
Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ferdi Silalahi (M. Tohir/Detik Sumsel)

Palembang, Detik Sumsel – Penukaran uang pecahan kecil seakan menjadi tradisi tersendiri setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di tahun ini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatra Selatan sudah siap menghadapi momen tersebut.

Diakui Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah, Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel, Ferdi Silalahi, pihaknya sudah mempersiapkan pecahan uang kecil menghadapi lebaran nanti. Bahkan, saat ini Bank Indonesia sudah matang menyusun rencana menghadapi kebiasaan masyarakat dimana penukaran uang pecahan kecil yang tinggi menjelang Hari Raya.

“Biasanya penukaran uang pecahan kecil mendekati lebaran akan sangat banyak permintaannya. Karenanya BI sudah mematangkan rencana menggelar kegiatan penukaran bersama perbankan,” kata dia.

Adapun kegiatan tersebut hingga saat ini sudah ada 11 bank umum yang bersedia bergabung. Kegiatan itu sendiri akan dilaksanakan dua tahapan yakni 20-23 Mei 2019 dan 27-29 Mei 2019.

“Untuk penyediaan pecahan kecil akan dilakukan penukaran bersama perbankan di Benteng Kuto Besak dekat jembatan ampera dengan modal direncana kan Rp14 miliar,” kata dia.

Ferdi mengatakan pihaknya mencatat kebutuhan perbankan di Sumsel sebenarnya sekitar Rp7,3 Triliun. Untuk itu, BI Sumsel telah mempersiapkan Rp11 Triliun untuk menghadapi lebaran.

“Kita minta agar masyarakat tidak perlu kuatir. Karena BI Sumsel akan memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan menjelang Lebaran. Nantinya masyarakat bisa datang ke penukaran bersama perbankan untuk mendapatkan pecahan kecil,” tandasnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here