Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Diduga Suasana Politik Memanas, Sekda OI Dicopot

Indralaya, Detik Sumsel— Jelang pilkada Kabupaten Ogan Ilir (OI) suasana politik makin memanas. Secara tiba-tiba Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam kabarnya akan mencopot Sekda Ogan Ilir H Herman.

Informasi yang dihimpun, Herman akan diganti jabatannya pada Rabu (19/8) pukul 14.00wib di Aula Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya. Hal tersebut dibenarkan Herman.

“Iya benar, saya akan diganti. Ya dapat kabar itu langsung dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OI Yuliansyah, dia telpon saya Selasa (18/8) pukul 17.00 WIB. Memang saya sudah lima tahun lebih jadi sekda, jadi waktunya pensiun lah meskipun secara ASN Februari nanti saya baru pensiun. Jadi sebutannya tidak dicopot atau di-kick tapi diganti,” kata Herman.

Menurutnya, saat Kepala BKPSDM OI, Yuliansyah mengabarkan penggantiannya, ia mengaku agak terkejut, namun tetap legowo. Karena jabatan tersebut adalah amanah, bisa sewaktu-waktu diberi dan ditarik kembali.

“Ya saya legowo, pergantian ini sudah sesuai aturan UU ASN dan sesuai PP No 15 2017, sudah melalui proses panjang sesuai KASN jadi jabatan sekda itu bisa diperpanjang atau tidak itu hak preogratif bupati. Saat ini golongan saya sudah IVD mungkin pas pensiun nanti bisa IVE. Ya nanti pukul 14.00 WIB di Aula Caram Seguguk Tanjung Senai Insya Allah saya hadir,” katanya.

Baca Juga :   Gelar Khitanan, Syaiful Fadli Miliki Harapan Besar Kepada Putranya

Saat disinggung siapa penggantinya, ia mengaku belum mengetahuinya. Saat ditanya apakah nanti penggantinya Badrun, ia mengaku belum tahu pastinya, bahkan apakah pergantian sekda tersebut ada hubungannya dengan politik karena menjelang pilkada ia juga menegaskan tidak mengetahuinya.

“Ya saya belum tahu pasti siapa nanti PJ-nya. Ya bisa saja Pak Badrun, kalau dia kan sudah IVB, minimal PJ kan IVB. Kalau soal politik atau pilkada ini saya juga tidak paham dan tidak mengetahuinya,” katanya.

Sementara itu Kepala BKPSDM OI Yuliansyah melalui Kabid Mutasi Promosi dan Penilaian Kinerja Aparatur BKPSDM OI, Maryama mengatakan jabatan sekda yang diduduki Herman sudah habis masanya. Selain itu Herman juga pada Februari 2021 mendatang memasuki masa pensiun.

Baca Juga :   Dua Paslon Bupati-Wabup OI Teken Deklarasi Damai

“Memang jabatan Pak Sekda Herman akan diganti penggantinya kurang tahu saya belum baca SK-nya belum lihat. Kalau jadwal acaranya pukul 14.00 WIB di Aula Caram Seguguk Indralaya. Kalau soal penggantian sekda ini memang sudah ada izin Mendagri, izin KASN, jadi tidak menyalahi aturan. Yang jelas soal pergantian sekda ini tidak ada hubungannya dengan politik atau menjelang pilkada murni profesionalisme birokrasi kerja saja,” jelasnya.

Disinggung soal apakah Badrun yang bakal menggantikan Herman untuk menjadi PJ Sekda OI, ia mengaku belum tahu.

“Sesuai Peraturan Presiden kalau untuk Penjabat Sekda minimal golongan IVB, kalau nantinya benar Pak Badrun yang dilantik berarti sudah masuk kriteria,” tegasnya.

Pantauan sejak pagi puluhan papan ucapan yang bertulis ucapan selamat atas pelantikan Penjabat Sekda Ir Badrun Priyanto MT sudah bertaburan di Lapangan Aula Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya. Bahkan kursi-kursi sudah disiapkan untuk melangsungkan acara serah terima jabatan sekda yang rencananya bakal langsung dilantik Bupati OI H Ilyas Panji Alam. (AL)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Jamaluddin

Avatar

Check Also

Rumah Darpa’i Ambruk Diterjang Angin

Baturaja, Detik Sumsel — Sebuah rumah panggung di RT 1 Dusun 2 Desa Pusar kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *