Beranda Daerah Diduga Ada Kecurangan Perhitungan Suara Massa Geruduk Bawaslu OKI

Diduga Ada Kecurangan Perhitungan Suara Massa Geruduk Bawaslu OKI

Tanggal : Pukul :
85
0
Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel — Puluhan massa mengatasnamakan dariĀ  masyarakat OKI peduli pembangunan melakukan aksi damai menyambangi Bawaslu OKI, Rabu (15/5). Massa menuntut agar Bawaslu OKI segera menindaklanjuti adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oknum Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), PPS, Panwascam maupun pihak PPK dalam pemilihan legislatif (pileg) Kabupaten OKI tahun 2019.

Dalam orasinya, Koordinator Aksi Aliaman menuntut agar Bawaslu OKI bertindak tegas terkait beberapa laporan kecurangan Pemilu 2019, khususnya pada pileg DPRD OKI.

“Salah satunya ialah dugaan penggelembungan suara yang terjadi di Desa Sukaraja, Kecamatan Pedamaran pada Pemilu 17 April 2019 lalu,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Bawaslu OKI segera menindaklanjuti adanya dugaan kecurangan disemua tingkatan penyelenggara pemilu, termasuk yadanya oknum kades yang diduga telah melakukan pemindahan suara dari suara caleg tertentu yang merugikan hasil suara caleg lain.

Menyikapi hal itu, Ketua Bawaslu OKI, Ikhsan Hamidi didampingi Fahruddin mengatakan, saat ini Bawaslu OKI mendapat 5 laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran Pemilu 2019.

“Semua laporan masuk ditindaklanjuti 14 hari kedepan. Tidak ada alasan untuk menunda tindaklanjut laporan tersebut. Insya Allah kita akan berlaku jujur dan adil,” jelasnya.(Iyan)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here