Detik
Kajari Lahat, Jaka Suparna SH. Foto Heru/DS

Di Lahat 2018 Perkara Narkotika Mendominasi, Tapi Tak Satu pun Bandar Besar Ditangkap

Lahat, Detik Sumsel — Kejaksaan Negeri Lahat tahun ini mencatat, laporan perkara narkotika berada diurutan teratas. Dari 231 perkara tindak pidana umum yang masuk, 147 diantaranya merupakan perkara narkotika.

Dilihat dari data sebelumnya,  perkara narkotika di lahat mengalami tren kenaikan. Ditahun 2015 tercatat ada 64 perkara,  2016 jadi 78 perkara,  2017 naik drastis menjadi 115 perkara. Hingga pertanggal 20 Desember 2018, menjadi 147 perkara.

“Untuk narkoba memang terus alami kenaikan. Sayangnya belum ada satu pun kasus terkait bandar besarnya,” ujar Kajari Lahat, Jaka Suparna SH, melalui Kasi Pidum Variska A SH,  Jumat (28/12).

Baca Juga :   Usai dilantik, RA Langsung Serap Aspirasi

Dari jumlah itu, Variska mengatakan ada 154 perkara narkotika yang sudah diselesaikan. Adanya selisih angka dari perkara masuk dengan perkara diselesaikan, karena ada sisa perkara yang belum selesai ditahun 2017. Tentunya hal ini membuat para orang tua di lahat menjadi was-was. Mengingat narkotika kian menjadi ancaman anak muda di lahat.

“Untuk narkotika, tidak ada toleransi. Angka ini bisa saja menurun, kalau pusat peredarannya dimusnahkan. Contohnya di wilayah Muara Lawai, kenapa tidak ditutup saja, toh izinnya juga tidak ada,” sampainya.

Baca Juga :   Terungkap Mayat Wanita Berhijab Ternyata Warga Pagaralam

Untuk perkara lain yang masuk, diantaranya 66 perkara pencurian pemberatan, 16 perkara penggelapan, 15 perkara curas, 13 perkara anak, delapan perkara ketertiban umum, tujuh perkara senpi, tiga perkara pembunuhan, anirat dan judi, dua perkara pemerkosaan, serta satu perkara pemerasan. (heru) 

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Bantu UMKM, BUMD Sumsel – Jatim Jajaki Kerjasama

Palembang, Detik Sumsel – Rapat pelaksanaan forum meeting Pemprov Sumsel dengan Pemprov Jawa Timur (Jatim) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *