Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Hari Guru

Dewan Pers Apresiasi Pemkot Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ratna Komala memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terkait adanya aturan kerjasama publikasi media masa yang dikeluarkan oleh Pemkot Palembang melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Palembang Nomor : 500/KPTS/III/2018.

Disampaikan Ratna, peraturan kerjasama publikasi media masa yang dikeluarkan oleh Pemkot Palembang tersebut memiliki tujuan dalam melindungi profesionalisme media.

Dirinya juga mengatakan, dengan adanya peraturan tersebut, seluruh media massa yang ada di Kota Palembang diharapkanya untuk dapat memberikan dukungan penuh.

“Kalau perusahaan media nya memang sudah sesuai dengan aturan yang ada, kenapa harus tidak setuju. Justru harus didukung, karena memang harus ada pembedaan antara media profesional dengan yang abal-abal,” jelasnya, Senin (07/01).

Masih dikatakannya, aturan verifikasi yang telah dikeluarkan merupakan amanat Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999, dimana disebutkan pada Bab 1 pasal 1, dalam rangka menjunjung profesionalisme maka setiap mereka yang melakukan kerja-kerja jurnalistik tersebut mesti taat terhadap Kode Etik.

Baca Juga :   Marion Jola Akan Tampil di Konser Reuni Westlife

Menurutnya, setiap perusahaan pers yang profesional harus mengikuti aturan, termasuk mengikutsertakan sertiap wartawannya untuk mengikuti ujian kompetensi serta mendaftarkan perusahaannya ke Dewan Pers yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah berdasarkan UU Pers nomor 40 tahun 1999.

“Salah satu fungsinya yaitu untuk melakukan pengkajian terkait pengembangan kehidupan pers, termasuk pendataan perusahaan pers. Dewan Pers selama ini juga telah banyak mengeluarkan sertifikat verifikasi perusahaan pers, dimana nantinya apabila terdapat permasalahan sengketa terhadap hak-hak perusahaan media tersebut, Dewan Pers bisa memfasilitasinya sepanjang perusahaan pers tersebut sudah terverifikasi,” ujarnya.

“Jadi apabila ada yang menyebutkan Wali Kota Palembang itu menyalahi aturan itu salah besar. Walikota ini menegakkan aturan, baik itu amanat Undang-undang Pers maupun Surat Keputusan Dewan Pers nomor 01/Peraturan DP/III/2017 tentang Standar Perusahaan Pers, yang merupakan keputusan bersama tokoh media, pengusaha media, dan orang-orang yang memang telah berpengalaman di bidang pers,” sambungnya.

Baca Juga :   Alex Noerdin Yakin Iriadi Mampu Jadi Bupati

Di tempat yang sama, Kabag Humas Setda kota Palembang, Amiruddin Sandy menyampaikan, sosialisasi terkait aturan tersebut sudah disampaikan sejak lama. “Apa yang telah disampaikan tersebut telah sesuai dengan amanat undang-undang,” tuturnya.

Terkait adanya pro dan kontra terkait peraturan tersebut, dirinya juga telah memaklumi. Menurutnya, apabila ada pihak yang tidak setuju dengan aturan ini, karena hal ini memang hasil rekomendasi dari Dewan Pers dan amanat undang-undang.

“Kalau perusahaan persnya sudah sesuai dengan aturan ya tenang saja, silahkan ajukan penawaran, dan akan kami verifikasi lagi,” katanya.

Amir juga menegaskan, selain verifikasi dewan pers, pihaknya juga akan lakukan pengecekan terlebih dahulu kepada setiap perusahaan yang telah mengajukan penawaran kerjasama kepada Pemkot Palembang.

“Perusahaan yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers pun belum tentu penawaran kerjasamanya bisa diterima, karena memang disesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Pemkot Palembang,” tutupnya. (Rill/Wira)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Betta Agri

Betta Agri

Check Also

Basarnas Cari ABK TB Atlas yang Ikut Tenggelam di Dalam Kapal

Palembang, Detik Sumsel — Sebuah Taugboat bernama TB Atlas tenggelam di perairan sungai Musi tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda