Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Debitur Nakal Jadi PR Pengurus APPI

Debitur Nakal Jadi PR Pengurus APPI

Tanggal : Pukul :
547
0
Abadi, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Sumsel Babel, Rabu (17/10) di sela serah terima jabatan pengurus APPI 2018-2020 di Resto Bukit Golf.

Palembang, Detik Sumsel – Masih banyaknya debitur yang melakukan pindah tangan kredit tanpa persetujuan pihak leasing (pembiayaan) menjadi tugas Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Sumsel Babel.

Padahal sesuai dengan Undang-undang No 42 tahun 1999 mengenai jaminan Fidusia, perbuatan tersebut melanggar aturan sesuai dalam pasal 36.

“Memang masih ditemukan debitur yang melakukan pindah tangan tanpa persetujuan dari pihak leasing secara tertulis, padahal dalam aturan tidak boleh menyewakan atau meminjamkan ke orang lain,” beber Abadi, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Sumsel Babel, Rabu (17/10) di sela serah terima jabatan pengurus APPI 2018-2020 di Resto Bukit Golf.

Ia menambahkan, saat ini masih banyak ditemukannya kasus seperti itu, yang  membuat kepengurusan APPI yang baru dilantik akan gencar melakukan edukasi terhadap debitur.

Padahal debitur yang melakukan perbuatan tersebut bisa terancam pidana kurungan selama dua tahun.

“Banyak pemicunya seperti debitur yang tidak paham dengan aturan yang sudah ada, faktor lainnya diduga ada debitur yang memang nakal,” katanya.

Untuk itu, pengurus APPI periode 2018-2020 akan melanjutkan program kepengurusan terdahulu sekaligus mengedukasi debitur mengenai aturan main di pembiayaan.

Apalagi di Palembang sedikitnya ada 54 lembaga pembiayaan dan di Sumsel jumlahnya mencapai 76 lembaga pembiayaan.

“Melalui APPI, kita harapkan seluruh lembaga pembiayaan bisa merapatkan barisan agar setiap permasalahan yang ditemui bisa diselesaikan bersama,” jelasnya.

Selain itu, lembaga pembiayaan saat ini juga dihadapkan pada Non Performing Loan (NPL) para debitur sehingga perlu dicarikan jalan keluarnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here