Pemprov
Datangi Kantor Bupati Lahat, Belasan Pemuda Tanyakan Transparansi Anggaran Covid-19
Sejumlah pemuda saat lakukan aksi di depan halaman Pemkab Lahat. Foto Heru/DS

Datangi Kantor Bupati Lahat, Belasan Pemuda Tanyakan Transparansi Anggaran Covid-19

Lahat, Detik Sumsel — Transparansi Pemkab Lahat dalam pengelolaan anggaran covid-19, baik yang diterima Pemkab Lahat dari Pemerintah Pusat, APBD, maupun dana bantuan yang mengalir dari perusahaan perusahaan di Lahat, mulai dipertanyakan. Belasan pemuda baik asal Kabupaten Lahat maupun dari luar Lahat, nekat lakukan aksi massa tanpa izin kepolisian di depan Pemkab Lahat.

“Pemkab Lahat seharusnya membuka trasparansi rincian penggunaan anggaran covid 19, juga seluruh bantuan, yang bisa diakses melalui website. Jadi masyarakat juga bisa melakukan pengawasan,” kata Syaikh Muhammad, anggota Koalisi Pemuda Lahat, Rabu (17/6).

Baca Juga :   HUT OKI, Momentum Untuk Tuntaskan Pembangunan di OKI

Sementara, Sekretaris Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Lahat, Ali Afandi mengungkapkan, terkait anggaran tidak ada yang ditutup tutupi. Anggaran dari APBD senilai Rp23,5 miliar, sudah terpakai untuk covid 19 sekitar Rp10,5 miliar. Bantuan dari perusahaan berupa uang Rp1 Miliar, sudah terpakai sekitar Rp 22 juta rupiah, untuk sewa tenda yang digunakan untuk kegiatan covid 19.

“Ada juga bantuan beras dari perusahaan sebanyak 34 ton, 110 kilo, sudah dibagikan semua kepada warga di beberapa kecamatan. Seperti di kecamatan Merapi Area, Kikim Area, Jarai, dan Lahat Selatan. Juga untuk guru honorer yang tersebar di Kabupaten Lahat,” ujar Ali.

Baca Juga :   Lestarikan Budaya, Disbudpar Gelar Festival Budaya Melayu

Terkait pernyataan masa yang menginginkan penggunaan anggaran dipublikasikan. Pihaknya siap melakukannya, rencananya akan dipublikasikan semuanya melalui website resmi covid 19 Lahat. Adapun

“Tentu kita akan sangat terbuka soal dana covid ini. Kalau untuk bantuan APD, kan sudah lama kita jelaskan sudah diserahkan ke rumah sakit dan dinas kesehatan,” jawab Ali. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Akibat Vandalisme, Jaringan Telkomsel dan Telkom KM 5 Palembang Terputus

Palembang, Detik Sumsel- Kerusakan jaringan Telekomunikasi yang dirasakan oleh pengguna provider Telkomsel dan layanan nterney …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *