Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Dana Replating Bantuan Dirjen Perkebunan, Tidak Diminati Masyarakat Lahat

Dana Replating Bantuan Dirjen Perkebunan, Tidak Diminati Masyarakat Lahat

Tanggal : Pukul :
282
0
Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian Lahat, Engkos Kosasi SP. Foto Heru/DS

Lahat Detik Sumsel — Kepala Dinas Pertanian Lahat, Ir H Agustia Budiman MM, melalui Kabid Perkebunan, Engkos Kosasi SP mengatakan, terkait dana sebesar Rp 25 juta per HA maksimal untuk 4 Kepala Keluarga, dari Dirjen Perkebunan, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS). Rupanya tidak diminati oleh masyarakat Lahat.

“Itu dana replating (Penanaman kembali red) kepada para petani sawit. Namun, di Lahat belum satu ha pun yang terealisasi,” beber Engkos, Senin (22/10).

Tidak adanya realisasi bantuan subsidi tersebut bukan tanpa alasan, kendati tercatat ada sebanyak 28.244 ha lahan sawit milik perusahaan, 11.498 ha plasma, dan 8.986 ha lahan swadaya. Sulitnya prosedur menjadikan petani, malas untuk mengejar bantuan kebutuhan dana peremajaan itu.

“Petani kita tidak ada yang minat. Padahal dana itu banyak, berapapun akan kita berikan asal syaratnya lengkap,” ucapnya.

Bukan hanya itu, syarat utama lahan yang diajukan harus milik pribadi, rupanya jadi kendala besar bagi petani sawit. Pasalnya hampir 70 persen lahan sawit yang ada, dikelola oleh orang lain. Ditambah belum adanya koperasi untuk kebun swadaya, menjadikan dana bantuan tersebut tidak bisa diberikan ke petani.

“Kita tidak bisa berbuat banyak, meskipun telah bersosialisasi tatap muka sama para petani. Kita hanya bisa bantu bibit saja, itu juga jika anggaran memungkinkan,” (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here