Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Lahat Dampak Kebakaran Hutan, Kucing Hutan Ini Keluar dari Habitatnya

Dampak Kebakaran Hutan, Kucing Hutan Ini Keluar dari Habitatnya

Tanggal : Pukul :
1248
0
Tampak kondisi macan akar yang tertabrak pengendara saat keluar dari lokasi hutan yang terbakar Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Dampak dari kebakaran hutan, lahan dan perkebunan di wilayah Kabupaten Lahat yang kian meluas, kini mulai terasa. Bukan hanya menyebabkan polusi asap bagi masyarakat, bahkan hewan liar yang berada di dalam hutan kini mulai terlihat keluar dari sarangnya.

Seperti kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Gumay Ulu, Lahat. Puluhan hektar hutan, lahan, dan perkebunan diwilayah itu, kini sudah dilalap api. Tak heran kalau pengendara yang melintas diwilayah itu, kerap berlintasan dengan binatang liar.

Tampak seekor macan akar alias kucing hutan, terpaksa jadi korban tabrak lari pengendara tak bertanggung jawab. Binatang dilindungi itu ditemukan dalam kondisi hampir mati di ruas jalan provinsi Lahat-Pagaralam, wilayah Desa Tanjung Raja, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat.

“Akibat kebakaran lahan, memang banyak hewan liar dalam himbe (hutan red) yang keluar. Mungkin mau cari tempat baru,” ujar Suhermanto, warga sekitar, Minggu (7/10).

Kadaops Manggala Agni Lahat, Chandra Irfansyah sebelumnya membenarkan, saat ini titik api mulai ditemukan di beberapa kawasan. Namun, kawasan Gumay Ulu paling banyak ditemukan. Pihaknya kini telah membuat posko patroli terpadu di Desa Tanjung Raja, Kecamatan Gumay Ulu.

“Untuk di Gumay Ulu, wilayah Pematang Tiung, Kecamatan Gumay Ulu yang sudah terbakar. Untuk itu kita imbau masyarakat lebih berhati-hati, tidak melakukan pembakaran hutan,” ucap Chandra. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here